Jum. Agu 19th, 2022
Guru dan Siswa SMKN 1 Calang Dilatih Pengelolaan Website

ACEHSIANA.COM, Calang – Guru dan siswa SMKN 1 Calang dilatih pengelolaan website sekolah. Pelatihan tersebut terselenggara atas kerjasama antara SMKN 1 Calang dengan Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI) Kabupaten Aceh Jaya pada Rabu (16/3) di Calang.

Kepala SMKN 1 Calang, Muhammad Yani SPd, menjelaskan bahwa pelatihan tersebut dilaksanakan setelah pihaknya bekerjasama dengan JSDI Aceh Jaya membuat website sekolah dengan alamat www.smknegeri1calang.sch.id.

“Pelatihan dilaksanakan dua hari tatap muka pada tanggal 9 – 10 Maret 2022. Peserta terdiri dari 5 siswa pengurus OSIS yang juga utusan masing-masing kompetensi keahlian dan beberapa guru yang nantinya akan menjadi pembimbing siswa sekaligus tim pengelola website SMK ini,” ujar Yani.

Dikatakan Yani bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih siswa dan guru agar terbiasa menulis dan mengelola website sekolah. Nantinya, lanjut Yani, semua informasi tentang SMKN 1 Calang dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja yang membutuhkan, baik dari informasi proses belajar mengajar, sarana prasarana, kegiatan sekolah, pengumuman maupun prestasi siswa.

“Selama pelatihan peserta disuguhkan materi mulai dari cara masuk dan memposting sebuah tulisan di website, menjadi admin sampai trik menulis dengan mudah dan menghindari plagiasi. Tagihan pelatihan adalah peserta di wajibkan menulis dan memposting berita yang berkaitan dengan sekolah ke laman website,” sebut Yani.

Yani menambahkan bahwa pihaknya akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam membangun SMK ini. Termasuk, tambah Yani, berkolaborasi dengan JSDI Aceh Jaya untuk membangun Website Sekolah dan melatih siswa serta guru untuk mampu mengelola website yang sudah ada. Dengan demikian, tutur Yani, kegiatan sekolah, karya siswa, prestasi dan informasi lainnya terkait SMK ini bisa kita sampaikan ke masyarakat melaui website.

Wakil Kepala Sekolah bidang Hubungan Masyarakat dan DuDi, Wardatina SPd ketika dikonfirmasi berharap nantinya siswa mampu proaktif dan bekerja sama membangun website sekolah bersama-sama sehingga SMK Negeri 1 Calang dikenal oleh masayarakat luas. Wardatina meminta agar menjadikan blog ini sebagai ajang bagi siswa-siswi kami dalam mengembangkan bakat menulisnya.

Pelatihan website sekolah tersebut langsung melibatkan ketua JSDI Aceh Jaya, Ernal Nofriandi SPd sebagai narasumber utama. Terlihat para siswa dan guru sangat bersemangat dan serius dalam mengkuti kegiatan.

Ernal berharap kegiatan tersebut dapat membuat siswa dan guru akrab dengan teknologi dan literasi digital. Hal ini, sebut Ernal, sejalan dengan tujuan JSDI untuk membantu sekolah dalam penguasaan teknologi dan literasi digital.

“Kami berharap siswa dan guru mandiri dalam pengelolaan website sekolahnya, dapat memuat berita kegiatan sekolah dan tulisan karya sendiri dan teman lainnya. Kompetensi teknologi digital ini perlu terus dikembangkan oleh siswa dan guru,” kata Ernal.

Hal ini perlu dilakukan, pungkas Ernal, mengingat zaman sekarang semua serba digital, informasi secara cepat menyebar melalui dunia maya. Kita, tutup Ernal, dapat menyampaikan apa saja terkait promosi sekolah dengan cepat ke berbagai pihak menggunakan website ini dan pihak luar juga mudah mendapatkan informasi sekolah jika sudah ada situs resmi sekolah ini. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *