Jum. Agu 12th, 2022

ACEHSIANA.COM | Matangkuli. Sudah menjadi tradisi di SMA Negeri 1 Matangkuli, setiap menjelang bulan Ramadhan, Siswa dan Guru mengkhatam bacaan Al-Qur’an. Sebelumnya siswa setiap kelas melalui kontrol wali kelas, sudah diberikan “kewajiban” menuntaskan masing-masing 3 sampai 4 Juz. Wali kelas kemudian membagi ayat bacaan Al-Qur’an bagi setiap siswa beserta dirinya sendiri untuk dibaca.

Prosesi khatam Al-Qur’an dipastikan setelah guru dan siswa menuntaskan kewajiban bacaannya. Bukan sekedar membaca, secara kolaboratif, siswa membimbing temannya jika masih terdapat kesalahan membaca Al-Qur’an. Hingga setelah selesai, pembimbing ekstrakurikuler bidang kerohanian memimpin proses khatam Al-Qur’an dengan memanggi setiap perwakilan kelas di Mushalla SMA Negeri 1 Matangkuli.

Proses khatam Al-Qur’an berlangsung dengan khidmat dan diikuti oleh siswa, guru dan kepala sekolah pada Jum’at (11/03/2022). Dalam penutupan kegiatan, Kepala SMA Negeri 1 Matangkuli, Khairuddin menekankan pentingnya membaca Al-Qur’an sebagai dasar untuk mentadabburi Al-Qur’an sebaga pedoman hidup sehari-hari.

“Mu’jizat Al-Qur’an akan terus abadi hingga akhir dunia, inilah mu’jizat yang paling dahsyat karena selalu terasa manfaat besarnya. Orang yang terang hati dan pikiran, tenang hidupnya dimulai dari membaca Al-Qur’an, menghafal, lalu menerapkan nilai-nilainya dalam kehidupan. Al-Qur’an hudal linnas” tutupnya.

Program khatam Al-Qur’an merupakan kegiatan tahunan yang akan terus dipertahankan, terutama pembentukan karakter Islami di SMA Negeri 1 Matangkuli.

 

Editor : Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *