Jum. Agu 12th, 2022

Meski pada hari Minggu (07/03/22), wajah antusias guru di SMA Negeri 1 Tanah Pasir tetap terpendar menerima pengetahuan baru. Sebagaimana diungkapkan oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tanah Pasir, Baktiar, guru di sekolahnya memang sangat berminat untuk meningkatkan pengetahuan di bidang digitalisasi. Banyak komputer yang dimiliki oleh guru namun hanya terpakai untuk administrasi pembelajaran, relatif sedikit yang memiliki kreativitas menjadikan media pembelajaran termasuk pemanfaatan dalam evaluasi atau asesmen. Sementara tuntutan pembelajaran mengharuskan guru kreatif terutama dalam hal asesmen literasi dan numerasi.

Pelatihan yang diselenggarakan selama dua hari di SMA Negeri 1 Tanah Pasir diupayakan selain meningkatkan kapasitas guru juga diharapkan tidak mengganggu jam pembelajaran siswa. Pelatihan yang dilaksanakan memberi kecakapan bagi guru dalam hal evaluasi digital.

Pembuatan soal yang dibuat melalui komputer menggeser penggunaan Ms. Word yang nantinya pelaksanaan asesmen dilakukan melalui gawai. Soal yang dibuat dapat di-publish dalam bentuk web, sehingga siswa dapat mengikuti ujian melalui gawai meski tanpa jaringan internet.

Pelatihan yang berlangsung dengan suasana yang menyenangkan dipandu oleh Ketua Tim Dukungan IT GTK Dinas Pendidikan Provinsi Aceh, Khairuddin yang juga creator aplikasi UTBK siswa Aceh, Meutuwah Nanggrou. Sebagaimana aplikasi yang diluncurkan 2 Maret lalu, guru SMA Negeri 1 Tanah Pasir diharapkan memiliki kecakapan dalam pembuatan soal aplikasi yang selain dapat diterapkan untuk berbagai ujian di sekolah, juga dapat dibuat dalam bentuk media pembelajaran terintegrasi beserta evaluasi dan dapat dikonfirmasi secara mandiri oleh siswa.

 

Editor : Fais

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *