Jum. Agu 12th, 2022

ACEHSIANA.COM, Idi – Kepala SMKN 1 Julok, Faisal ST, terpilih sebagai Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Aceh Timur periode 2021 – 2026. Faisal terpilih dalam Musyawarah Daerah (Musda II) IGI Aceh Timur yang digelar di Aula SMKN 1 Peureulak pada Rabu (16/2).

Musda II IGI Aceh Timur dibuka secara resmi oleh Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Kabupaten Aceh Timur, Abdul Jaban SPd MPd, yang diwakili oleh Kasi Pengembangan Mutu, Syariful Azhar SPd.

Ketua IGI Aceh Timur periode 2016 – 2021, Muhammad Fauzi MPdI menyampaikan bahwa masa kepemimpinannya telah melaksanakan berbagai kegiatan dan pelatihan baik secara dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring).

“Hasil pelatihan Sagusaku misalnya, telah terbit sekitar 42 buku karya guru yang ber ISBN. Kami berharap semakin banyak guru yang mampu menulis buku ke depannya. Semoga kepemimpinan IGI Aceh Timur ke depan lebih baik lagi dari periode kami,” ujar Fauzi.

Wakil Ketua Majelis Pendidikan Aceh (MPA) Aceh Timur, Nurdin Jalil, menyebutkan bahwa sejarah kelahiran IGI harus ditulis dengan tinta emas.

“IGI lahir di saat guru-guru merasa pesimis dan cemas dengan kondisi pendidikan di tanah air.IGI hadir dengan komitmen memperbaiki kompetensi guru melalui pelatihan dan bimbingan yang dilakukan sepenuh hati tanpa pamrih. IGI merupakan rumah guru yang sebenarnya,” sebut Nurdin.

Dewan Pembina PP IGI, Nurdin MA, menegaskan bahwa kunci keberhasilan IGI Aceh Timur adalah terpilihnya ketua IGI melalui musyawarah mufakat. Hal ini, kata Nurdin yang akrab disapa Babe, agar tidak terjebak dengan kepentingan pada identitas baik kelompok, suku, agama, dan ras.

“Ikatan adalah unity (kesatuan). Ketua yang terpilih haruslah figur yang makin mempererat organisasi dan bukan sebaliknya menjadi tokoh pemecah belah,” pesan Babe.

Ketua Panitia, Aiyub SPd menjelaskan bahwa kegiatan Musyawarah Daerah ke-2 IGI Aceh Timur berjalan dengan alot penuh kekeluargaan. Setelah penentuan 4 calon ketua berdasarkan AD/ART dimana syarat ketua daerah berstatus sebagai anggota biasa, sehat jasmani dan rohani, menjadi anggota IGI minimal 3 tahun sebelum Musda, bertugas sebagai guru didaerahnya selama 2 tahun, tidak merangkap jabatan sebagai pengurus organisasi profesi guru lain, tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik, tidak menjadi anggota partai telarang dan pernah menjabat sebagai pengurus IGI.

“Melalui musyawarah maka terpilih Faisal ST sebagai ketua IGI Aceh Timur periode 2021-2026. Dengan terpilihnya ketua IGI Aceh Timur yang baru, semoga dapat membawa perubahan yang lebih baik lagi di masa yang akan datang,” lapor Aiyub.

Hadir dalam kegiatan Musda diantaranya Syariful Azhar SPd, Kepala Kasi Pengembangan Mutu GTK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Timur, Dewan Pembina IGI Pusat yaitu Nurdi MA, Majelis Pendidikan Aceh yang diwakili oleh Aakil ketua yaitu Nurdin Jalil, Kepala Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Timur yang diwakili oleh Bapak Suryadi SE dan Dewan Pembina IGI Aceh Timur Bapak Syarifudin SPd MPd. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *