Sel. Mei 24th, 2022

ACEHSIANA.COM, Lhoksukon-Bekerjasama dengan Teknos Genius Aceh, SMA Negeri 1 Matangkuli menggelar Try Out Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk persiapan siswa mengikuti tes pada perguruan tinggi pada Rabu 16 Februari 2022. Meski selain jalur tes juga terdapat jalur undangan untuk masuk ke perguruan tinggi, namun SMA Negeri 1 Matangkuli tetap melaksanakan try out UTBK. SMA Negeri 1 Matangkuli merupakan sekolah yang memiliki akreditasi A dan hanya memperoleh kesempatan jalur undangan sebesar 40 persen sesuai ketentuan LTMPT. Karena itu, untuk minimal 60% yang lain harus diraih melalui jalur tes. Apalagi tidak semua yang mengikuti jalur undangan akan lulus 100%.

Kepala SMA Negeri 1 Matangkuli, Khairuddin, saat diwawancarai menyebutkan bahwa sekolah harus memiliki inisiatif bekerjasama dengan berbagai pihak guna memotivasi siswa untuk melanjukan pendidikan. Terkadang siswa merasa tidak siap meski sudah berupaya belajar mandiri. Sekolah mengambil peran dengan membuat pembimbingan di sekolah melalui guru bidang studi dan bekerjasama dengan Teknos untuk pelaksanaan try out, agar siswa dapat mengukur kemampuan dasarnya serta nantinya dapat dilakukan peningkatan.

“Kemauan siswa kami di SMA Negeri 1 Matangkuli untuk melanjutkan ke perguruan tinggi nasional dapat dikatakan bagus. Ini terbukti pada jalur undangan yang kuota kami 40% dan dapat dipenuhi oleh semua siswa yang eligible. Namun banyak siswa kami yang minder ketika harus mengikuti jalur tes. Kerjasama dengan Cabdisdik melalui pemberdayaan guru Inti Dinas Pendidikan Provinsi Aceh, memanfaatkan sumber daya sendiri di sekolah, guru membimbing siswa sepulang sekolah serta bekerjasama dengan bimbel teknos genius Aceh merupakan upaya-upaya yang dapat kami lakukan untuk meningkatkan daya saing siswa menuju perguruan tinggi” Ujarnya

Meski digagas oleh SMA Negeri 1 Matangkuli, namun kegiatan try out ini diikuti oleh 17 SMA/SMK yang mendaftar di link yang berikan oleh penyelenggara, yaitu SMA Negeri 1 Matangkuli, SMA Negeri 1 Tanah Jambo Aye, SMA Negeri 2 Tanah Jambo Aye, SMA Negeri 1 Lhoksukon, SMA Negeri 1 Syamtalira Aron, SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu, SMA Negeri 1 Tanah Luas, SMA Swasta Raudhatul Fuqara, SMA Negeri 1 Baktiya Barat, SMA Negeri 1 Pirak Timu, SMA Negeri 1 Samudera, SMA Negeri 1 Seunuddon, SMA Negeri 2 Seunuddon, SMA Negeri 3 Putra Bangsa, SMAS Sukma Almubarakah, SMK Negeri 1 Syamtalira Aron, SMK Negeri 1 Tanah Luas. Sebanyak 379 peserta mengikuti kegiatan ini terdiri dari tiga mata ujian, yaitu SAINTEK, SOSHUM dan Kedinasan. Kegiatan ini meski dibuka di SMA Negeri 1 Matangkuli secara vitual namun pusat kegiatan di sekolah masing-masing karena ujian diselenggarakan secara online. Pihak penyelenggara juga menyediakan sertifikat bagi seluruh peserta yang berpartisipasi dan peserta yang berprestasi.

Direktur Teknos Genius Aceh, Murhadi pada sesi pembukaan mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Matangkuli dan bersedia untuk membantu sekolah di Kabupaten Aceh Utara untuk melaksanakan Try Out ke II nantinya setelah pembimbingan. Murhadi juga memberi motivasi kepada peserta agar memiliki optimisme bisa meraih bangku kuliah yang berkualitas meski harus merantau sebagaimana keinginan siswa.

Sementara Kepala Cabang Dinas Wilayah Kabupaten Aceh Utara berterimakasih pada semua pihak yang terlibat sebagai penyelenggara, Teknos Genius Aceh serta sekolah yang bergabung mengikuti kegiatan try out hari ini. Beliau mengungkapkan bahwa fokus tamatan SMA sederajat untuk melanjutkan pendidikan, karena itu kerjasama dengan bimbingan belajar merupakan hal yang patut dilakukan. Selain itu Dinas Pendidikan Aceh melalui Cabang Dinas Pendidikan di seluruh kabupaten / kota memiliki guru inti yang telah dilatih tahun lalu dan diharap dapat diberdayakan sebagai bimbel di daerah masing-masing. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *