Jum. Agu 19th, 2022

ACEHSIANA.COM, Banda Aceh – Guna meningkatkan kerjasama dengan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (Dudika), SMKN 5 Lhokseumawe melakukan kunjungan industri ke Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh. Kunjungan industri tersebut dilakukan pada Kamis (10/2) di Banda Aceh.

Kepala SMKN 5 Lhokseumawe, Nuradinen SPd MPd melalui Wakil Kepala Sekolah Hubungan Masyarakat (Humas), Rachmi SPd, menjelaskan bahwa kunjungan tersebut dilakukan untuk meningkatkan sinergitas antara SMKN 5 Lhokseumawe dengan Dudika dalam hal ini BPS Aceh. Tujuannya, lanjut Rachmi, untuk meningkatkan kompetensi siswa dan menambah wawasan seluruh warga sekolah.

“Kita pilih BPS Aceh karena instansi pemerintah ini memiliki wewenang dalam melakukan kegiatan statistik berupa sensus dan survei. Sensus dan survei tersebut berguna bagi pemerintah, pihak swasta, maupun masyarakat,” ujar Rachmi.

Dikatakan Rachmi bahwa  BPS dapat dijadikan rujukan dalam merencanakan, memantau, serta mengevaluasi pembangunan sehingga berdampak pada pengambilan keputusan yang tepat bagi pembangunan nasional.

“Kunjungan ini memberikan khazanah keilmuan yang luar biasa bagi kami. Kami mendapatkan pencerahan terhadap eksistensi BPS serta beragam kompetensi yang dapat diserap siswa sebagai bahan referensi guna meningkatkan potensi kerja mereka,” jelas Rachmi.

Kepala BPS Aceh, Ihasnurijal SSi MSi yang diwakili Oriza Santifa, menekankan bahwa BPS juga tersebar di Kabupaten/Kota dan menerima kunjungan siswa termasuk untuk magang.

“Kegiatan sepertinya sangat bagus sehingga semakin banyak yang mengetahui fungsi dan peran BPS. Kita selalu terbuka terhadap sekolah yang ingin kunjungan industri ataupun magang,” kata Ihasnurijal.

Rombongan SMKN 5 Lhokseumawe dipimpin Waka Humas, Rachmi SPd, didampingi Waka Kesiswaan, Dwi Agustina SPd, Ketua Bursa Kerja Khusus (BKK), Iskandar SPd, guru produktif, Nur Ramadhan, serta 18 siswa program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga serta Desain Permodelan dan Informasi Bangunan. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *