Sel. Mei 24th, 2022
Unimal Sosialisasi SNMPTN di SMAN 1 Matangkuli

ACEHSIANA.COM, Lhoksukon – Universitas Malikussaleh (Unimal) melakukan sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) bagi siswa SMAN 1 Matangkuli. Sosialisasi tersebut berlangsung pada Jumat (11/2) di gedung SMAN 1 Matangkuli.

Kepala SMAN 1 Matangkuli, Khairuddin SPd MPd, menjelaskan bahwa Unimal merupakan salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang sudah dikenal dengan segudang prestasi serta dekat dengan Matangkuli.

“Penilaian kami, Unimal terus berkembang dan menjadi kompetitor di dunia PTN. Kami berharap banyak siswa kami yang mendominasi di Unimal. Oleh karena itu, sosialisasi ini sangat penting diikuti siswa kami agar lebih memahami tentang SNMPTN serta strategi menembusnya,” ujar Khairuddin.

Dekan Fakultas Teknik (FT) Unimal, Dr Muhammad ST MSc, mengungkapkan bahwa pihaknya sengaja turun langsung ke sekolah untuk menjelaskan sistem SNMPTN beserta kesempatan mendapatkan beasiswa KIP-K.

“Kita jemput bola agar banyak siswa Aceh termasuk siswa SMAN 1 Matangkuli yang lulus di Unimal. Kita berharap semakin banyak siswa Aceh yang lulus di Unimal,” ungkap Muhammad.

Sementara itu, Wakil Dekan III FT Unimal, Muhammad ST MEngSc, memaparkan bahwa para siswa harus mengikuti perkembangan teknologi dengan tetap harus memperhatikan adab dan etika.

“Kuliah bukan sekedar masuk PTN, tetapi proses selama perkuliahan sangat menentukan kesuksesan. Jangan pernah menganggap bahwa kuliah itu mudah. Kuliah jangan berharap untuk bekerja. Hal itu justru akan membebani mahasiswa,” sebut Muhammad.

Dikatakan Muhammad bahwa saat ini bidang ilmu tidak terlalu penting. Banyak orang sukses, tambah Muhammad, justru tidak berhubungan dengan bidang ilmu yang digeluti saat kuliah. Meskipun demikian, sebut Muhammad, proses selama kuliah akan membentuk seseorang untuk sukses.

“Setiap siswa berhak memilih jurusan di seluruh PTN di Indonesia. 40% kuota penerimaan mahasiswa adalah melalui SNMPTN atau jalur prestasi. Prestasi ditetapkan oleh sekolah. Oleh karena itu perlu strategi agar banyak siswa dari sekolah di Aceh yang lulus SNMPTN,” tutur Muhammad.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dekan FT Unimal, Dr Muhammad ST MSc, Wakil Dekan I FT Unimal, Reza Putra ST MT, dan Wakil Dekan III FT Unimal, Muhammad ST MEngSc. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *