Sel. Mei 24th, 2022

ACEHSIANA.COM. Sinabang – Jufniar Jakfar SPsi, genap dua tahun bermukim di Simeulue, menjadi Kepala Sekolah’ Luar Biasa Negeri Simeulue (SLBN), sejak di nota dinaskan dari guru SLBN pembina, Kabupaten Aceh Tamiang, Januari 2020 yang lalu. Jufniar sapaan akrab Kepala SLBN Simeulue tersebut kelahiran Kota Lhoksemawe.

Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Simeulue, hingga kini sudah memiliki 86 orang peserta didik anak berkebutuhan khusus (ABK), 18 rombongan belajar, dengan beragam tingkat keterbatasan atau lebih dikenal ketunaan , SLBN Simeulue yang dibina Jufniar Jakfar ini terdapat enam jenis ketunaan yahni tuna grahita, tuna netra, tuna rungu, daksa, tuna ganda dan perilaku autis. Jufniar sendiri yang terdata di DUK Sekolah Luar Biasa Negeri Simeulue yang berstatus Pegawai Negeri Sipil, selebihnya 10 orang GTK lainnya masih berstatus kontrak dan bakti murni.

Namun, dengan kesabaran yang berlebih dan sentuhan lembut sosok Jufniar Jakfar SPsi, membuat peserta didiknya -Anak Berkebutuhan Khusus semakin nyaman dan bersemangat mengikuti kegiatan pelayanan pendidikan khusus ketunaan, tidak terkecuali guru ahli dan tenaga administrasi sekolah, yang turut juga menikmati kenyamanan dalam bekerja. Namun ketika acehsiana.com mencari tahu kiat-kiat Jufniar yang mampu menenteramkan ABK dan GTK di sekolahnya, Jufniar Jakfar hanya mengumbar senyum, ia menjawab singkat – kiatnya sabar,peduli dan menghargai, kalau sifat itu ada sama kita, insyah Allah semuanya bakal jadi mudah, ungkapnya dengan penuh meyakinkan.

Terbukti, Jufniar Jakfar SPsi bersifat terbuka pada bawahannya, dia menggelar Rapat Kerja Pengembangan RKAS – 2022, Raker tersebut diikuti oleh semua guru dan tenaga administrasi sekolah dan juga Komite SLBN Simeulue, serta turut dihadirkannya Pengawas Sekolah.
” Untuk keterlibatan warga sekolah, komite sekolah dan juga pengawas SLBN, kita ikutkan semua unsur tersebut dalam Rapat Kerja Pengembangan RKAS, hari ini, dengan harapan semuanya memahami dan mendukung rancangan program kerja kepala sekolah untuk kebaikan SLBN Simeulue ini kedepannya”. jelas Jufniar, yang dikenal lembut dan murah senyum ini, karena kelembutannya itu pulalah, Jufniar dijuluki si bungong melu.

Rapat Kerja Pengembangan RKAS – 2022 SLB Negeri Simeulue, berlangsung Jumaat ( 13/2/2022), Jufniar mengurai program kerjanya dengan sangat jelas dan terarah di hadapan dewan guru SLB Negeri Simeulue, turut dihadiri Pengawas Sekolah, Alex Arao SPd dan Ketua Komite SLBN Simeulue, Drs. Ardiansyah.

Alex Arao SPd, selaku Pengawas SLBN Simeulue, mengapresiasi kebijakan Kepala SLBN Simeulue yang cerdas dan arif merancang program sekolah yang berpihak pada pengembangan pesera didik, ini tentunya bisa dijadikan contoh bagi kepala sekolah yang lain, ujar Alex.
Sentuhan lembut – disertai kasih sayang dari sosok Jufniar Jakfar, tentu menjadi magnet tersendiri untuk menggapai secerca harapan indah bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus di bumi Simeulue ate fulawan. semoga.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *