Jum. Agu 19th, 2022
Kemenag Minta Humas PTKIN Aktif Publikasi Kampus

ACEHSIANA.COM, Semarang – Kementerian Agama (Kemenag) meminta para Humas Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) agar aktif mempublikasikan kampus. Permintaan tersebut disampaikan Staf khusus Menteri Agama, Wibowo Prasetyo pada kegiatan Konsolidasi Humas PTKIN terkait Seleksi Prestasi Akademik Nasional dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UM PTKIN) yang digelar di Hotel Aston In Semarang pada 4-6 Februari 2022 di Semarang.

Menurut Wibowo, para Humas PTKIN harus aktif mempublikasikan hasil penelitian akademik, keunggulan kampus, dan prestasi publik ke ruang publik.

“Data publikasi hasil penelitian di Indonesia masih rendah sehingga PTKIN kita minta untuk aktif dalam mempublikasikan hasil penelitiannya baik nasional dan terutama yang terindeks di pengindekan internasional,” ujar Wibowo.

Dikatakan Wibowo bahwa kualitas dan kuantitas jurnal terakreditasi nasional serta jurnal internasional harus ditingkatkan agar dapat mewujudkan PTKIN menjadi universitas riset.

Wibowo bahkan meminta para humas agar aktif juga dalam mempublikasi setiap keunggulan dan prestasi kampus agar PTKIN menjadi “jujugan” para calon mahasiswa.

“Kuliah di PTKIN itu keren, selain mendapat pengetahuan keagamaan juga ilmu umum lainnya. Seharusnya nilai lebih ini menjadi value added yang terus digencarkan dalam setiap publikasi dan sosialisasi terutama menjelang penerimaan mahasiswa. Kita minta Humas agar jadi garda terdepan dalam penyebaran informasi dan komunikasi publik kampus,” sebut Wibowo.

Wibowo menambahkan bahwa langkah tersebut juga menjadi salah upaya untuk membranding kampus yang tujuannya mengokohkan image baik kampus dan menarik minat masyarakat untuk kuliah di PTKIN.

“Target utama adalah para siswa madrasah aliyah supaya kontinuitas pendidikan terjaga. Idealnya memang PTKIN harus menjaring mayoritas calon mahasiswa dari madrasah,” tutur Wibowo.

Wibowo kemudian mengingatkan bahwa strategi publikasi dan sosialisasi harus digarap dengan matang dengan tetap mempertimbangkan perkembangan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat saat ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Nasional SPAN-UM PTKIN Imam Taufiq menerangkan bahwa pertemuan tersebut memiliki tujuan yang sangat penting yaitu membangun konsolidasi dan sinergi serta manajemen untuk melakukan penyebaran informasi terkait PMB tahun 2022.

“Salah satu leading dalam suksesnya promosi dan penerimaan mahasiswa baru adalah adalah suksesnya sosialisasi. Untuk itu kita menganggap penting untuk segera menghadirkan para humas di seluruh PTKIN untuk menyamakan persepsi, langkah, jadwal dan strategi bersama agar ini lebih efektif,” terang Imam.

Lebih lanjut Imam mengungkapkan bahwa hal tersebut begitu mendesak untuk segera dilakukan karena pada 7 Februari 2022 mendatang, proses SPAN-UM PTKIN mulai berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Selain itu, dalam kesempatan ini pihaknya juga ingin menyamakan persepsi terkait memanajemen dan branding kampus yaitu, salah satunya mensinergikan PMB dengan platform yang ada di kampus maupun Kementeria Agama. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *