Kam. Mei 26th, 2022
Direktur Poltas: Sukses Itu Bukan Karena Dimana Kuliahnya, Tetapi Bagaimana Kuliahnya

ACEHSIANA.COM, Tapaktuan – Masa jabatan sebagai Direktur Politeknik Aceh Selatan (Poltas) yang dijabat Dr Muhammad Yasar STP MSc berakhir pada Sabtu (5/2). Dr Yasar menitipkan pesan mengharukan untuk Poltas.

Menurut Yasar, jabatannya sebagai Direktur Poltas selama satu periode (3 tahun) ditambah masa perpanjangan satu tahun. Selama menjabat, sudah banyak terobosan dan prestasi yang ditorehkan Poltas.

“Tentunya selama menjalankan tugas dan amanah yang teramat berat ini, banyak hal-hal yang barangkali kurang berkenan, jauh dari ekspektasi, dan kerap melakukan kesalahan atau kekhilapan. Perkenankan saya yang fakir akan ilmu dan pengalaman ini memohon kemaafan dari semua pihak,” ujar Yasar yang juga Dosen Teknologi Pertanian Unsyiah tersebut.

Dikatakan Yasar bahwa dirinya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak memberikan kepercayaan, dukungan, bimbingan, serta dorongan dalam mengemban tugas sebagai Direktur Poltas.

“Membangun dunia pendidikan ibarat mendayung perahu ke hulu, jika kita lemah mendayung apalagi sampai berhenti maka kita akan hanyut ke hilir. Tetaplah istiqamah karena tidak ada satupun metode yang terbukti mampu merubah dan memperbaiki peradaban selain pendidikan. Ia adalah trigger pembangunan, maka kemajuan suatu daerah, bangsa, dan negara sangat ditentukan oleh mutu pendidikan itu sendiri,” tambah Yasar yang meraih gelar doktor di Universiti Kebangsaan Malaysia itu.

Yasar berpesan kepada para mahasiswa bahwa sukses itu bukan ditentukan oleh di mana tempat berkuliah, melainkan bagaimana kita kuliah. Insya Allah proses tidak akan pernah mengkianati hasil.

“Kuliah tidak cukup hanya dengan kelas dan laboratorium, patron utama penyelenggaraan Perguruan Tinggi adalah Tri Darma yang meliputi: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Status sebagai mahasiswa merupakan momentum terbaik dalam berkarya, dimana sebuah kegagalan atau kesalahan dianggap sebagai proses belajar, sementara prestasi sudah pasti akan sangat diapresiasi. Maka berbuat dan berkaryalah terus dengan kreatifitas dan inovasinya, berikan inspirasi buat semua,” pesan Yasar kepada mahasiswa Poltas.

Yasar berharap kepada Dosen dan tenaga kependidikan, agar mencintai pekerjaan, pengabdian terbaik. Membesarkan institusi, lanjut Yasar, sama halnya membesarkan diri.

“Teruslah berkarya, insya Allah tidak ada upaya dan usaha yang luput dari pandangan Allah. Buktikan fakta integritas yang telah kita sepakati agar kampus kita semakin maju lagi,” pungkas Yasar yang merupakan alumni HMI itu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *