Sel. Mei 24th, 2022
Kolaborasi Penelitian, FT Unimal Jalin Kerjasama dengan Universitas Nurtanio Bandung

ACEHSIANA.COM, Bandung – Guna meningkatkan kolaborasi penelitian dan menindaklanjuti perkembangan teknologi bidang keteknikan, Fakultas Teknik (FT) Universitas Malikussaleh (Unimal) menjalin kerjasama dengan FT Universitas Nurtanio (Unnur) Bandung. Penandatanganan naskah kerjasama berlangsung pada Rabu (3/2) di kampus Unnur, Bandung.

Rektor Unnur, Dr Sukmo Gunardi MSi memberikan apresiasi atas penandatanganan MoU antara Unnur dengan Unima. Sukmo berharap ke depan akan terjadi kolaborasi untuk kegiatan seperti pertukaran mahasiswa khususnya sertifikasi keahlian.

“Kita juga akan berkolaborasi dalam lisensi penerbangan dan penelitian terkait material komposit untuk pesawat maupun kebutuhan industri lainnya,” ujar Sukmo.

Dekan FT Unimal, Dr Muhammad ST MSc, menyampaikan bahwa terdapat keunikan dalam tata kelola Unnur yang dapat di adopsi yaitu proses sertifikasi yang dilakukan oleh FT Unnur melalui pihak Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU).

“Proses ini dikolaborasikan dalam kurikulum sehingga menjadi nilai kompetensi dari lulusan FT Unnur Bandung,” kata Muhammad.

Sementara itu, Dekan FT Unnur, Ema ST MT, mengatakan bahwa FT Unnur melaksanakan proses sertifikasi juga terhadap pihak luar yang berkeinginan mendapatkan lisensi dari DKPPU dengan pola konversi.

“Hal ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa atau alumni FT Unimal. Proses sertifikasi lainnya seperti microsoft yang sudah dilaksanakan di Unnur. Hal ini juga dapat dilakukan di FT Unimal,” sebut Ema.

Lebih lanjut Ema menuturkan bahwa Unnur siap memfasilitasinya hal tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Dekan FT Unimal bersama Wakil Dekan I, II dan III meninjau fasilitas Laboratorium FT Unnur untuk melihat dan  mendengarkan penjelasan tentang aktifitas laborarorium yang ada di FT Nurtanio. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *