Rab. Jul 6th, 2022

ACEHSIANA.COM, Bireuen – Universitas Malikussaleh melaksanaan sosialisasi SNMPTN kepada siswa SMA/MA se-Kabupaten Bireuen. Kegiatan ini dilaksanakan di AULA SMAN 2 Bireuen pada Jumat (14/1).

Kegiatan sosialisasi SNMPTN ini diinisiasi oleh SMAN 2, SMAN 1, SMAN 3 Bireuen dan MAN Bireuen. Sementara siswa yang ikut kegiatan ini berjumlah 200 siswa dari 4 sekolah dalam kota juang Bireuen.

Sosialisasi dipimpin oleh Wakil Dekan III Fakultas Teknik Unimal, Muhammad ST MEng IPM, Dosen Fakultas Hukum Unimal, Arif Rahman SH MH Dr Elidar Sari SH MH, serta mahasiswa Doktor Teknologi Pendidikan Unimed, Jon Darmawan SPd MPd.

“Kuliah bukan hanya perkara masuk perguruan tinggi. Tetapi bagaimana memahami proses. Banyak mahasiswa yang sukses tetapi tidak sedikit juga yang gagal. Hal ini bukan karena faktor ekonomi saja, tetapi kurangnya informasi perkuliahan yang dipahami. Oleh karena itu sosialisasi ini sangat penting dilakukan,” ujar Muhammad.

Dikatakan Muhammad bahwa kuliah merupakan upaya menuntut ilmu, bukan mencari pekerjaan. Kuliah, lanjut Muhammad, tidak mudah karena harus merubah pola pikir untuk bekerja dan menciptakan lapangan kerja.

“Kuliahlah agar pekerjaan mencarimu, atau sebaliknya kuliahlah agar dapat memberikan pekerjaan kepada orang lain,” sebut Muhammad.

Lebih lanjut Muhammad menuturkan bahwa banyak mahasiswa yang gagal karena salah program studi. Oleh karena itu Muhammad meminta para siswa untuk mengatur strategi jitu dalam memilih program studi.

Sementara itu, Dosen Fakultas Hukum Unimal, Arif Rahman, menjelaskan panjang lebar alur pendaftaran SNMPTN. termasuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).

“KIP-K diperuntukkan bagi mahasiswa kurang mampu tapi berprestasi. Kuliah berorientasi untuk mengembangkan minat bakat. Kuliah juga untuk mengembangkan wawasan dan keterampilan berpikir kritis,” tutur Arif.

Kepala SMAN 2 Bireuen, Hanafiah menyampaikan terima kasih kepada pihak UNIMAL yang telah menyampaikan informasi lebih awal kepada siswanya mengenai alur pendaftaran SNMPTN beserta starteginya.

“Banyak putra luar daerah yang kuliah di Unimal yang menunjukkan Unimal semakin dikenal. Padahal kita sangat menginginkan putra daerah banyak yang kuliah di Unimal,” kata Hanafiah.

Lebih lanjut Hanafiah menambahkan bahwa siswa harus menyiapkan diri lebih awal dan paham cara memilih jurusan yang diinginkan dan tidak asal pilih. Kegiatan tersebut, tutup Hanafiah, diharapkan minimal siswa yang telah mewakili sekolahnya hari ini bisa disampaikan informasi ini kepada rekan-rekannya di sekolah masing-masing.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh siswa SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, dan MAN 1 Bireuen yang akan mengikuti SNMPTN. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *