Sel. Mei 24th, 2022
Kemdikbudristek Luncurkan Sistem Informasi Manajemen Talenta

ACEHSIANA.COM, Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) meluncurkan basis data digital Sistem Informasi Manajemen Talenta (SIMT). Peluncuran tersebut dilakukan oleh Plt Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi pada Rabu (29/12) di Jakarta.
Menurut Asep, SIMT bertajuk Dasbor Prestasi Talenta dan wadah bincang-bincang edukasi talenta, yaitu Siniar Talenta Berprestasi. Asep menjelaskan bahwa dasbor ini dibuat sebagai sistem informasi terpadu manajemen talenta.

“Lewat dasbor ini, kita akan mengelola basis data persediaan talenta anak bangsa (talent pool) sekaligus meningkatkan keahlian, karier, dan prestasi para talenta. Kami juga ingin menciptakan lingkungan berprestasi yang kondusif bagi para talenta untuk mengembangkan potensinya,” ujar Asep.

Dikatakan Asep bahwa Dasbor Prestasi Talenta menyajikan peta talenta 34 provinsi di Indonesia serta profil prestasi para peserta didik. Dasbor ini, lanjut Asep, juga mendukung analisis dan pemetaan prestasi nasional dan daerah.
“Puspresnas akan terus mengembangkan dasbor agar menghasilkan data yang komprehensif untuk pembinaan, karier talenta, akuisisi talenta, dan alumni talenta,” sebut Asep.

Asep menegaskan bahwa aplikasi tersebut direncanakan akan terintegrasi dengan platform Digital CV Talenta dan Talent Pool Puspresnas. Dalam Dasbor Prestasi Talenta, kata Asep, terdapat menu Talenta Berpestasi, Satuan Pendidikan, Penerima Beasiswa, Satuan Pendidikan Penerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Prestasi, dan Capaian Internasional, sekaligus menu pemeringkatan provinsinya.

Asep menuturkan bahwa dasbor tersebut merupakan tanggapan sigap Kemendikbudristek akan arus globalisasi yang begitu cepat serta disrupsi teknologi yang terus bergerak.
“Hal ini tantangan baru buat kita. Kita harus terus beradaptasi terhadap perubahan sekaligus tidak kehilangan jati diri bangsa, dan ini membutuhkan kontribusi cerdas para talenta-talenta terbaik negeri,” urai Asep.

Lebih lanjut Asep menambahkan bahwa Puspresnas terus berkomitmen menyingkap atau memberi exposure dan memperkenalkan para talenta terbaik negeri ini, sekaligus mendokumentasikan kehadiran talenta dalam suatu wadah basis data yang akan kita kelola untuk mengembangkan prestasi talenta sekaligus menginspirasi peserta didik lainnya.

Asep menegaskan bahwa siniar (podcast) Talenta Berprestasi yang juga diluncurkan dalam kesempatan ini dibuat untuk meraih perhatian peserta didik. Program ini, terang Asep, menjadi tempat berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk menginspirasi dan meningkatkan prestasi peserta didik.
“Harapan kita juga dapat menjadi tempat berlatih mengasah kemampuan berpikir dan kreativitas,” jelas Asep.

Asep berharap agar peserta didik lain juga dapat terinspirasi kawan-kawannya yang telah menorehkan prestasi untuk terus bersemangat meraih cita-cita. Ia menyampaikan, bahwa sesuai arahan Mendikbudristek, peserta didik yang berprestasi dan semua proses pengembangannya harus menjadi inspirasi bagi peserta didik lainnya.
“Maka, kita wartakan pesan itu lewat siniar ini,” tutur Asep.

Manajemen Talenta Nasional merupakan salah satu amanat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024. Oleh karenanya, hal tersebut menjadi visi Puspresnas untuk terus mengelola dan mengenalkan potensi, bakat, dan talenta anak-anak Indonesia. (*)
Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *