Sel. Mei 24th, 2022

ACEHSIANA.COM – Sinabang – Ketua Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Simeulue Alex Arao, SPd memberikan materi yang berkenaan dengan ‘Bhinneka Tungga Ika sebagai semboyan dan pemersatu bangsa’.

Pemaparan materi tersebut disampaikan dihadapan 100 orang tokoh masyarakat dalam wilayah Kecamatan Teupah Tengah, Rabu ( 15/12).
Dalam rangka penguatan wawasan kebangsaan yang digelar oleh Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan politik  Kabupaten Simeulue di Aula Kantor Camat Teupah Tengah, Lasikin (15/12).

Ketua IGI Simeulue dan juga Korwas Dikmen Cabdisdik Kabupaten Simeulue Alex Arao, menguraikan tentang penting penguatan pengetahuan masyarakat terhadap wawasan kebangsaan, ia menjelaskan bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk dengan berbagai perbedaan, Agama, Suku, Bahasa, budaya dan Ras, sehingga Indonesia dijuluki negara kaya dengan keragaman.

” Sungguh bersyukur kita kepada Allah SWT – Tuhan yang Maha Kuasa, menakdirkan bangsa kita menjadi bangsa yang majemuk, kaya dengan nuansa keberagaman yang tidak dimiliki oleh bangsa lain di dunia, ada 6 agama yang diakui negara, ditambah lagi keragaman suku bangsa berkisar 1350 suku, lebih kurang 1000 bahasa daerah, tetapi dengan perbedaan yang kodrati tersebut menjadikan semangat persatuan dan perasaan senasib – sebangsa menjadi kokoh tak tergoyahkan oleh tindakan perilaku disintegrasi semangat nasionalisme kita sebagai bangsa yang majemuk diikat oleh semboyan Bhinneka Tunggal Ika”, jelas Alex.

Alex, menambahkan untuk merawat semangat Nasionalisme ditengah kemajemukan tersebut, harus ditanamkan sikap Toleransi atau Tasamuh (sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan) dan mesti harus dihilangkan sifat etnosentrisme, primondialisme dan fatisme yang berlebihan diantara kita sesama warga bangsa.

Kegiatan yang digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan politik kabupaten Simeulue dengan tajuk “Melalui sosialisasi Wawasan Kebangsaan Kita tingkat kesadaran berbangsa dalam hubungan kehidupan bermasyarakat menuju Simeulue Sejahtera”.

Kegiatan Sosialisasi wawasan kebangsaan tersebut di ikuti tokoh masyarakat, Kepala Desa dan aparatur pemerintahan desa dalam wilayah kecamatan Teupah Tengah.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan politik Kabupaten Simeulue, Muhammad Arief, SH yang diwakili Kabid Politik Dalam Negeri Rafwan, SE, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada sekretariat kecamatan Teupah Tengah yang telah mendukung terlaksananya kegiatan sosialisasi tersebut, dan mengharapkan kepada seluruh peserta yang hadir terdiri dari tokoh masyarakat dan aparatur pemerintah desa Рwilayah kecamatan Teupah Tengah, untuk.aktif mengikuti kegiatan sosialisasi, sehingga akhirnya materi yang disampaikan oleh narasumber dapat diteruskan kepada warga masyarakat. Rafwan juga menguatkan bahwa  Narasumber yang bertindak secara langsung membuka kegiatan sosialisasi Wawasan kebangsaan ini yakni Sekretaris Bankesbangpol Simeulue dan juga Ketua IGI Simeulue.

Sementara itu, Camat Teupah Tengah Ali Afwan, SP saat memberi sambutannya, mengatakan pihaknya sangat berterimakasi atas dipilihnya Kecamatan Teupah Tengah sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Sosialisasi wawasan kebangsaan yang diperuntukkan kepada tokoh masyarakat dan aparatur pemerintah desa, khusus kecamatan Teupah Tengah, dia berharap juga kepada peserta untuk sungguh- sungguh mengikuti kegiatan sosialisasi Wawasan kebangsaan tersebut, sangat besar manfaatnya untuk penguatan pengetahuan tentang wawasan kebangsaan. Disamping itu Ali Afwan menambahkan, keikutsertaan tokoh masyarakat dan aparatur pemerintah desa dalam sosialisasi Wawasan Kebangsaan ini diharapkan menjadi pengantar pesan positif kepada masyarakat tentang pentingnya kebersamaan dan persatuan dalam masyarakat.

” Peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi Wawasan Kebangsaan ini, kami harapkan berkenan nantinya meneruskan pesan- pesan positif tentang penguatan wawasan kebangsaan kepada warga masyarakat di desa masing-masing, dengan kesadaran yang baik dari warga masyarakat maka akan mudah tercapai semua program pembangunan yang dicanangkan pemerintah, misal kesadaran untuk vaksin”. Ujar Ali Afwan.

Narasumber dalam sosialisasi Wawasan Kebangsaan tersebut selain Alex Arao, terdapat juga narasumber lainnya yakni Sekretaris Bankesbangpol Simeulue Ales Suandi, SH, dan Deni Aulia Ridha, SH, MH.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *