Jum. Jan 21st, 2022
IGI Gelar Pameran Literasi Karya Guru Kota Lhokseumawe

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Lhokseumawe menggelar pameran literasi karya guru se-Kota Lhokseumawe. Pameran tersebut berlangsung sehari pada Sabtu (11/12) di Museum Kota Lhokseumawe.

Ketua IGI Kota Lhokseumawe, Faisal ST MSc, menjelaskan bahwa pameran tersebut dilaksanakan untuk memamerkan karya literasi para guru anggota IGI Kota Lhokseumawe termasuk karya siswa.

“Kita berharap mindset guru di Kota Lhokseumawe untuk terus berkiprah dan berani berkarya. Wawasan guru akan terbuka sehingga mampu menulis buku. Sehingga minat baca siswa akan meningkat ketika membaca buku karya gurunya,” ujar Faisal.

Plt Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah Kota Lhokseumawe, Drs Ahmad Yamani MPd, melalui Kasubbag Tata Usaha, Jamaluddin SPd MM, mengatakan bahwa pameran literasi dapat menumbuhkan minat baca siswa.

“Momentum ini dapat dijadikan sebagai salah satu jalan perbaikan pendidikan di masa yang akan datang. Kita mengajak para siswa untuk terus meningkatkan kemampuan literasi. Jangan pula sudah banyak bukunya tetapi minat bacanya rendah,” sebut Jamaluddin.

Jamaluddin juga meminta sekolah untuk memberikan motivasi kepada siswa terutama buku-buku yang sudah ditulis dipastikan bisa dibaca siswa sehingga buku karya guru ini diharapkan menjadi referensi bagi siswa.

Sementara itu Ketua DPRK Lhokseumawe, Ismail yang diwakili oleh anggota DPRK Lhokseumawe, Azhari ST SPd TGr, mengharapkan jalinan sinergi antara eksekutif dan legislatif untuk mendukung para guru dalam melahirkan karya literasi yang bermutu demi peningkatan kualitas pendidikan di Kota Lhokseumawe.

“Harus dipahami bahwa pondasi dasar literasi itu ada di pendidikan. Artinya budaya literasi harus kita tingkatkan. Tentu saja harus bersinergi dengan penganggaran untuk generasi cerdas ke depan. Kami berharap IGI menjadi garda terdepan untuk meningkatkan kualitas guru maupun kualitas yang dihasilkan guru khususnya siswa-siswa di Lhokseumawe,” tutur Azhari.

Pameran literasi karya guru memamerkan 105 judul buku karya guru dan siswa se-Kota Lhokseumawe. Selain itu juga dipamerkan produk-produk literasi lainnya seperti Jurna Aceh Edukasi (JAE) milik IGI Aceh, laporan penelitian baik PTK maupun reasearh and development, serta beberapa produk literasi lainnya karya guru anggota IGI.

Pameran tersebut turut dihadiri oleh Ketua DPRK yang diwakili Azhari, ketua Komisi D DPRK yang diwakili Masykurdin, KCD Pendidikan Lhokseumawe yang diwakili Jamaluddin, Kadisdikbud Kota Lhokseumawe yang diwakili Dasrul, pengurus IGI Kota Lhokseumawe, serta para undangan lainnya. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *