Jum. Jan 21st, 2022

ACEHSIANA.COM – Suka Makmue – Sekolah Dasar (SD) Negeri Krueng Ukam II Kecamatan Beutong Kabupaten Nagan Raya pada tahun 2021 menjadi salah satu sekolah penggerak jenjang Sekolah Dasar program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Tekhnologi (Kemdikbud Ristek).

Kepala SD Negeri Krueng Ukam II, Muhammad Yunus SPd MSi kepada media, Senin (06/12) mengatakan, dijadikannya SD Negeri Krueng Ukam II salah satu sekolah penggerak di Kabupaten Nagan Raya tentu selaras dengan menjadikan sekolah berbasis Digital.

“Program utama yang dilakukan adalah menjadikan SD Negeri Krueng Ukam II sekolah full Digital dan semua proses belajar mengajar menggunakan Information Technology (IT) serta menyediakan perangkat full IT,” kata Yunus.

Dikatakannya, selain itu menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler dengan melaksanakan pengajian cabang tilawah pada sore Jum’at dan Sabtu kemudian membentuk Pramuka Gugus Depan.

“Untuk membentuk pendidikan karakter Islami dengan melaksanakan Yasinan setiap Jum’at pagi di sekolah merupakan program wajib yang di ikuti semua guru dan siswa,” ucapnya.

Ketua PGRI Kabupaten Nagan Raya ini menjelaskan, SD Negeri Krueng Ukam II juga melakukan projek profile Pancasila melalui program menjahit payung khas Aceh, belajar budidaya tanaman hidro ponik, menerapkan budaya sekolah bersih dengan mengolah sampah menjadi pupuk kompos.

Selanjutnya jelas Yunus, sekolah yang berjumlah 127 orang siswa dengan tenaga pengajar 12 orang guru mengajarkan siswa untuk pengolahan sampah plastik menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM), semua kegiatan ini merupakan muatan lokal.

“Untuk pengamanan sekolah yang sudah dilengkapi alat-alat IT dengan memasang CCTV sehingga bisa memantau ketika terjadi pencurian atau hal-hal lain yang mengganggu keamanan lingkungan sekolah,” imbuhnya.

Yunus menambahkan, untuk mensukseskan program sekolah penggerak berbasis Digital ini tentunya melatih guru menjadi pengajar yang handal IT karena sekolah sudah menyediakan 3 unit komputer, 18 notebook dan 11 tablet.

“Dukungan semua pihak terutama Pemerintah Kabupaten Nagan Raya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan merupakan ujung tombak dan mitra kerja untuk menjadikan SD Negeri Krueng Ukam II menuju sekolah berbasis Digital,” pungkas Yunus.

Editor : Abi Rausan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *