Sel. Mei 24th, 2022
API Award Ajang Pembuktian Indahnya Pesona Aceh Selatan

ACEHSIANA.COM, Tapaktuan – Anugerah Pesona Indonesia (API) award tahun 2021 merupakan pembuktian betapa indahnya pesona alam Aceh Selatan. Hal itu disampaikan Direktur Politeknik Aceh Selatan, Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc pada Sabtu (4/11) di Puncak Sigantang Sira.

Menurut Yasar, kemampuan Kabupaten Aceh Selatan menyabet 3 juara ini adalah bukti kalau potensi wisata Aceh Selatan memang hebat dan layak diperhitungkan.

“Selama ini kita hanya sebut-sebut saja bahwa potensi kita hebat dan tidak kalah dibandingkan daerah lain. API award ini adalah buktinya kalau menurut saya”, ungkap Yasar disela-sela acara malam penyambutan juara API Award 2021 di Puncak Sigantang Sira, Trumon.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa dua nominator API Award 2021 yang berasal dari kabupaten penghasil pala ini, yakni Puncak Sigantang Sira dan Anjungan Tapak Tuan Tapa berhasil mengoleksi tiga penghargaan sekaligus dan mengantarkan Provinsi Aceh menjadi juara Umum di ajang bergengsi tahunan di bidang kepariwisataan nasional ini.

Sebagai salah seorang peserta rombongan yang berkesempatan langsung menghadiri malam puncak penganugerahan di Sekayu Musi Banyuasin ini, Yasar mengaku sangat terharu ketika nama Kabupaten Aceh Selatan disebut dan dipanggil berulang-ulang ke pentas kehormatan.

“Kita semua histeris dan sangat terharu ketika MC berkali-kali memanggil nama Aceh Selatan di pentas yang di buka oleh Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno secara daring dan dihadiri langsung oleh hampir seluruh  kepala daerah dan pelaku wisata tanah air tersebut”, kenang Yasar.

Menurut Yasar, kemenangan ini juga membuktikan bahwa masyarakat kita sangat kompak, karena lomba ini bersifat partisipatif. Tentunya kekompakan ini menjadi modal dasar dan utama dalam membangun dan mengembangkan kepariwisataan di daerah.

Yasar berharap pemerintah baik di Provinsi maupun di Pusat segera mendukung upaya pemerintah Kabupaten Aceh Selatan untuk membangun dan mengembangkan potensi pariwisatanya. “Kita yakin sektor pariwisata dapat mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat “, ungkap Yasar.

Sejak digelar 6 tahun lalu, Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan baru ikut ambil bagian diajang API Award tahun 2020. Artinya dalam 2 tahun keikut sertaannya, Aceh Selatan telah meraih 5 gelar. Tahun 2020, Rencong Batu produk workshop Politeknik Aceh Selatan berhasil menjuarai kategori cenderamata terpopuler dan Surfing Samadua berhasil meraih juara 3 di kategori wisata air.

Sementara di tahun 2021 ini Anjungan Tapak Tuan Tapa berhasil menjuarai kategori destinasi kreatif dan Puncak Sigantang Sira meraih dua penghargaan sekaligus yakni Juara Kategori Dataran Tinggi Terpopuler dan Juara Favorit.

Selain Aceh Selatan, Kabupaten Aceh Singkil dan Kota Banda Aceh juga menyumbang juara I, masing-masing Festival Pulau Banyak di kategori festival pariwisata dan Charming Banda Aceh di kategori brand pariwisata. Kabupaten Aceh Tamiang dan Aceh Tengah meraih juara 2 di kategori ekowisata dan pariwisata digital, sedangkan Aceh Barat berhasil meraih juara 3 untuk kategori minuman tradisional. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *