Rab. Jul 6th, 2022
API Award 2021, Anjungan Tapak Tuan Tapa Raih Juara I Kategori Destinasi Kreatif

ACEHSIANA.COM, Palembang – Ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) award tahun 2021 menempatkan Anjungan Tapak Tuan Tapa sebagai Juara I kategori Destinasi Kreatif. Hal itu berdasarkan pengumuman pada malam API yang digelar pada Selasa (30/11) di Kota Sekayu Kabupaten Musi Banyuasi, Sumatera Selatan.

Aceh Selatan berhasil mempertahankan tradisi Juara di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API). Jika tahun lalu berhasil mengantongi Juara 1 dan Juara 3 masing-masing untuk Rencong Batu dan Surfing Samadua, tahun 2021 ini mampu meraih prestasi yang lebih gemilang.

Melalui 2 potensi yang mampu menembus nominasi, kedua wisata andalan Aceh Selatan ini mampu tampil sebagai Juara Pertama. Objek Agroekoeduwisata Puncak Sigantang Sira menjadi Juara di Kategori Dataran Tinggi Terpopuler dan Juara Favorit, sedangkan Anjungan Tapak Tuan Tapa berhasil menjadi Juara Kategori Destinasi Kreatif.

Anjungan Tapak Tuan Tapa berhasil menyisihkan dua pesaingnya, Asia Farm dari Kota Pekan Baru dan Jempatan Lingkar Lapoli Kabupaten Buton Selatan. Anjungan Tapak Tuan Tapa unggul dengan total perolehan hasil polling 32,49 %. Sementara Asia Farm dan Jembatan Lingkar Lapoli masing-masing memperoleh 27,10 % dan 25,99 %.

Kemenangan Anjungan Tapak Tuan Tapa memiliki arti tersendiri bagi Kabupaten Penghasil Pala ini. Pasalnya Tapak Tuan Tapa merupakan icon dari ibu Kota Tapaktuan. Tentunya belum lengkap berkunjung ke wilayah ragam pesona ini jika belum ke Anjungan Tapak Tuan Tapa.

Anjungan Tapak Tuan Tapa adalah bukit gunung lampu yang didesain secara kreatif menjadi spot wisata yang bertujuan untuk menikmati jejak tapak raksasa di kaki bukit dan indahnya pemandangan teluk dan pegunungan Tapaktuan.

Kepala Dinas Pariwisata Aceh Selatan, Safril, S.Sos, mengaku sangat gembira atas capaian tersebut dan ini membuktikan bahwa potensi dan pesona wisata Aceh Selatan mampu bersaing dilevel nasional. Safril juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung melalui berbagai mekanisme polling yakni SMS, Instagram dan YouTube.

“Tentunya tanpa dukungan masyarakat, mustahil potensi wisata kita dapat maju dan berkembang. Ajang API Award merupakan moment strategis untuk mempromosikan potensi yang kita miliki,” ungkap Safril.

Turut hadir dalam malam penganugerahan API award 2021, Direktur Politeknik Aceh Selatan, Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc, mewakili Tgk. Abrar Muda owner Sigantang Sira, T. Mudasir dan Riswansyah, dan Kasie Standarisasi Produk Pariwisata Aceh Selatan, Teuku Mulyadi. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *