Jum. Jan 21st, 2022

Pekan Kebudayaan Nasional atau lebih dikenal dengan singkatan PKN merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai wujud implementasi dari agenda strategi pemajuan kebudayaan yang telah disepakati dalam Kongres Kebudayaan Indonesia, yang diwujudkan dengan cara menyediakan ruang bagi keberagaman ekspresi budaya, serta mendorong interaksi budaya guna memperkuat kebudayaan yang inklusif.

Pekan Kebudayaan Nasional merupakan serangkaian aktivitas berjenjang dari desa hingga pusat yang terdiri atas kompetisi daerah, kompetisi nasional, konferensi pemajuan kebudayaan, ekshibisi, dan pergelaran karya budaya dengan tujuan melestarikan budaya Indonesia.

Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) menjadi sebuah upaya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam memajukan kebudayaan bangsa, menuju kebangkitan dari masa sulit pandemi Covid-19.

Salah satu cabang yang diperlombakan pada Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) adalah KOMPAK yaitu KOMPETISI VIDEO PANTUN. Tahun 2021 pertama kalinya SMP Negeri 1 Pante Bidari menjadi peserta dalam perlombaan Video pantun. Banyak informasi dan pengalaman yang diperoleh saat mengikuti perlombaan secara daring ini. Salah satunya adalah dapat melihat beragam ekspresi budaya dari daerah-daerah yang menjadi peserta dalam perlombaan.
Penghargaan perlombaan diberikan kepada 20 peserta terbaik. Salah satunya SMP Negeri 1 Pante Bidari yang berhasil masuk dalam peringkat harapan ke-13 tingkat nasional. Semoga dengan penghargaan ini dapat memotivasi SMP Negeri 1 Pante Bidari dan sekolah-sekolah yang lain untuk terus berkarya dan berinovasi demi melestarikan budaya bangsa.

Poetra Joeang

By Poetra Joeang

Bisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *