Rab. Jul 6th, 2022
Direktur Poltas: Pembangunan Ideal Berbasis Data dan Menghasilkan Data

ACEHSIANA.COM, Takengon – Data kependudukan sangat penting dalam pengambilan kebijakan publik. Masalahnya, data yang kita miliki hingga saat ini banyak yang belum terintegrasi, tumpang tindih, berbeda-beda, dan belum realtime. Hal disampaikan Direktur Politeknik Aceh Selatan (Poltas), Dr Muhammad Yasar STP MSc pada Jumat (26/11) di Takengon.

Menurut Yasar, Dasawisma TP PKK dapat menjadi andalan pemerintah dalam rangka menghimpun data profil keluarga, pendidikan, kesehatan, ekonomi, sandang, pangan dan papan.

“Peran Dasawisma selama ini masih belum optimal. Dan pemerintah sendiri belum memanfaatkan tugas dan fungsi Dasawisma ini dengan baik,” ujar Yasar.

Yasar mengungkapkan hal tersebut dalam Workshop Integrasi Data Dasawisma Wilayah Regional 2 Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues. Acara yang diikuti oleh 60 orang peserta yang terdiri-dari para sekretaris TP PKK Gampong dari ketiga Kabupaten tersebut dibuka langsung oleh Ketua TPPKK Aceh, Dr. Ir. Dyah Erti Idawati, MT.

Lebih lanjut Yasar menekankan bahwa membangun tanpa data yang berkualitas ibarat berjalan tanpa arah dan tujuan yang jelas.

“Jadi sebaik-baiknya pembangunan adalah berbasis data dan dapat menghasilkan data yang baik”, sebut Yasar.

Ketua Panitia, Dr. Asmawati Husaini, MA, melalui kegiatan Workshop ini diharapkan terlatihnya para kader Dasawisma untuk input data, terlaksananya proses inputing data diseluruh gampong, terverifikasinya data hasil inputing, dan terwujudnya sistem data yang terintegrasi.

Selain Yasar, turut hadir sebagai narasumber dr. Cut Maneh, Ruksana, SP., MP, dan Dr. Asmawati Husaini, MA. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *