Jum. Jul 1st, 2022

ACEHSIANA.COM. Aceh Selatan – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pilar penting dalam pembangunan ekonomi nasional. Hal ini disampaikan Direktur Politeknik Aceh Selatan, Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc dalam kegiatan sharing dan sosialisasi pengembangan UMKM di Aula Kantor Camat Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan, Rabu (24/11/2021).

“Untuk itu pemerintah dilevel manapun perlu memberi perhatian serius terhadap pengembangannya”, ujar Yasar. Dalam materi e-market untuk pelaku UMKM, Yasar yang juga penulis buku Agrotechnopreneurship ini mengajak masyarakat usaha untuk turut bertransformasi “go digital” sesuai dengan era yang sekarang kita masuki.

“Melalui go digital kitapun go global”, ungkap Yasar menambahkan. Saat ini, umumnya para pengusaha terutama dari kalangan milenial, lebih memilih pasar online ketimbang offline. Ada yang memanfaatkan online shop, ada yang menggunakan e-commerse, juga tidak sedikit yang sukses memanfaatkan marketplace. Selain tidak memerlukan modal besar, keuntungan menggunakan pasar online ini tentunya jangkauan yang lebih luas.

Yasar mencontohkan Inkubator Bisnis Poltas yang memanfaatkan online shop via Facebook, Whatsapp, Instagram dan YouTube serta marketplace dan e-commerse sebagai sarana penjualan dan promosi produk para sivitas dan masyarakat UMKM mitra.

“Dengan bangga kami memperkenalkan marketplace “Meukat” yang dibangun oleh salah satu Dosen Poltas, Herry Setiawan. Lebih 200 UMKM telah bergabung sebagai “Mitra Meukat” dan tentunya peluang ini juga terbuka lebar buat Bapak dan Ibu yang ada disini”, ungkap Yasar.

“Tidak ada batas ruang dan waktu, kita dapat mengakses pasar di seluruh dunia. Dan orang bijak pasti akan memanfaatkan media sosial untuk berbisnis dan hal-hal lain yang positif” ujar Dosen Tetap Teknik Pertanian Universitas Syiah Kuala itu.

Kegiatan sharing dan sosialisasi UMKM ini diinisiasi langsung oleh Camat Kluet Timur, Gusmawi. Menurut Gusmawi, melalui kegiatan ini diharapkan mampu mendorong penumbuhkembangan UMKM dan BUNG/BUMDes di seluruh desa yang ada di Kecamatan Kluet Timur. Kegiatan diikuti oleh para perangkat desa, pengelola BUMG, dan para pelaku UMKM di Kecamatan Kluet Timur.

Turut hadir sebagai narasumber, Kepala DPMTSP, Kepala Disperindagkop, dan Kepala BPOM Aceh Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *