Kam. Mei 26th, 2022

Menyahuti kebutuhan masyarakat Paloh punti hasil pertemuan dengan Sekretaris Desa, Dosen Teknik Mesin Unimal meng inisiasasi pendirian Bengkel Las. Dosen Teknik Mesin yang bergabung dalam Tim pengabdian Cluster Desa Binaan merealisasi maksud tersebut disela-sela melaksanakan kegiatan pelatihan pengelasan kepada pemuda.

Pendirian Bengkel bertujuan untuk menjadi media pembelajaran dan tempat berwirausaha bagi pemuda hasil pelatihan nantinya. Ketua pelaksana Pengabdian Reza Putra, ST.M.Eng, bersama anggota Muhammad ST.M.Eng dan Ir. T. Hafli, MT. kegiatan ini adalah bentuk kerjasama dan perhatian Lembaga Universitas Malikussaleh kepada masyarakat Desa Binaan, dalam upaya untuk meningkatkan soft skill pemuda agar dapat mandiri. Pimpinan Dayah Baburrahmah Tgk Ridhwan, menyediakan tempat untuk bengkel las dalam area pesantren supaya siswa dipesantren juga dapat memanfaatkan fasilitas bengkel untuk tempat belajar. Terlihat para peserta pelatihan yang semuanya pemuda produktif sangat senang dengan adanya realisasi dari bengkel ini dan semangat berlatih semakin meningkat.

Bengkel las ini diberi nama Baburrahmah Welding mengambil dari nama Dayah agar menjadi bagian yang tak terpisahkan nantinya.
Dalam Lounching bengkel, turut hadir ketua Jurusan Teknik Mesin, Asnawi, ST.M.Sc. dalam arahannya beliau meminta peserta berlatih tekun untuk meningkatkan kemampuan dan Jurusan Teknik Mesin selalu memfasilitasi adik-adik jika ada kendala. Desa binaan harus bisa bangkit bersama dengan Unimal. demikian ungkap Kajur di ujung pengarahan.

kegiatan ini pengabdian ini di fasilitasi dana oleh Universitas Malikussaleglh melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat. setiap tahun Unimal mengalokasikan dana untuk kegiatan ini sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma PT dan Pencapain IKU Universitas. Tujuannya agar masyarakat sebagai stakeholder dapat merasakan keberadaan Lembaga dan terjadinya tranfer ilmu kepada masyarakat, terciptanya lapangan kerja dan dapat meningkatkan atau menjadi sumber pendapatan baru. keberdaann kampus harus di manfaatkan maksimal oleh masyarakat, khususnya Desa Binaan agar Desa binaan menjadi pilot untuk pengembangan. Diharapkan para pemuda yang terlibat bisa mendapatkan sertifikat BNSP yang sangat penting untuk mencari kerja di saat sekarang ini. Demikian penjelasan Muhammad, ST. M.Eng yang juga Wakil Dekan III FT Unimal kepada media.

Poetra Joeang

By Poetra Joeang

Bisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *