Rab. Jul 6th, 2022
Wisuda Poltas, Direktur Tekankan Pentingnya Keseimbangan Hard Skill dan Soft Skill

ACEHSIANA.COM, Tapaktuan – Politeknik Aceh Selatan (Poltas) kembali mewisuda lulusannya. Wisuda kali ini merupakan yang kesembilan sejak Poltas didirikan 11 tahun yang lalu. Prosesi wisuda digelar bersamaan dengan Dies Natalis Poltas ke 11 di Gedung Rumoh Agam, Tapaktuan, pada Kamis (11/11).

Direktur Poltas, Dr Muhammad Yasar STP MSc mengingatkan agar para lulusan mampu menyeimbangkan antara kemampuan Hard skill dengan Soft skill. Secara umum, tambah Yasar, sistem pendidikan kita lebih menitik beratkan kepada penguasaan Hard skill.

“Padahal jika dicermati dari hasil penelitian Dr. Thomas J. Stanley, penulis buku The Millionaire Mind, menunjukkan bahwa dari 100 faktor yang berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang, ternyata IQ hanya berada di urutan ke-21. Belajar di sekolah favorit berada di urutan ke-23. Lulus dengan nilai terbaik cuma faktor sukses di urutan ke-30,” ujar Yasar.

Ditambahkan Yasar bahwa 10 faktor utama yang berperan dalam kesuksesan adalah jujur, disiplin, gaul, dukungan dari pasangan hidup, bekerja lebih keras dari yang lain, mencintai apa yang dikerjakan, kepemimpinan yang baik dan kuat, semangat dan berkepribadian kompetitif, pengelolaan kehidupan yang baik, dan kemampuan menjual gagasan dan produk. Kesemua ini berbasis Softkill.

“Poltas juga membekali mahasiswa dengan penguasaan softskill. Kami berharap semoga dengan bekal ilmu dan skill yang diperoleh selama kuliah di Poltas mampu mengantarkan saudara sekalian kepada masa depan yang gemilang,” pungkas Yasar yang diamini oleh seluruh hadirin yang hadir.

Acara wisuda dan Dies Natalis tersebut turut dihadiri oleh Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, Forkompinda Aceh Selatan, para Kepala SKPK, Kepala Perbankan, Direktur Politeknik Kutaraja, Direktur Politeknik Indonesia-Venezuela, dan Wadir Politeknik Aceh. Sementara itu Kepala LLDIKTI Wilayah XIII Aceh, Prof. Faisal Rani, hadir memberi sambutan secara virtual.

Jumlah lulusan yang diwisuda adalah 125 orang, 28 diantaranya berhasil lulus dengan predikat cumlaude. Dengan selesainya prosesi wisuda Angkatan IX ini telah menambah daftar alumni Poltas menjadi 831 orang. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *