Sel. Mei 24th, 2022

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – Dosen FKIP Universitas Malikussaleh bersama dua mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kepada guru SD di Lhokseumawe dengan judul “Pelatihan Satu Guru Satu Aplikasi Pembelajaran Bagi Guru SD Lhokseumawe”. Tim dosen pelaksana PKM ini adalah Halimatus Sakdiah, S.Pd., M.Pd. sebagai  ketua pelaksana, Muliani, S.Si., M.Pd. dan Isna Rezkia Lukman, S.Pd., M.Pd., sebagai anggota pelaksana PKM. Pelaksanaan kegiatan ini  bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) kecamatan Muara Satu. Kegiatan berlangsung pada Kamis (28/10).

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan TIK guru SD dalam penggunaan media pembelajaran dan mendampingi guru SD dalam membuat aplikasi pembelajaran berbasis android secara mandiri. Saat ini siswa SD saat ini sudah asik dan sulit untuk lepas dari gadget yang berupa handphone android. Keasikan siswa menggunakan gadget-nya lebih kepada konten yang tidak mendidik, sehingga guru diharapkan mampu membuat konten berbasis android yang dapat dimanfaatkan guru dalam proses pembelajaran,” ujar Halimatus Sakdiah.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh bapak Sukardi, S.Pd sebagai perwakilan dari PGRI kecamatan Muara Satu. Pada sambutannya Sukardi, S.Pd menyampaikan bahwa PGRI sangat mengapresiasi kegiatan – kegiatan yang meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran.

 “Kami berharap kedepannya kegiatan – kegiatan pelatihan seperti ini rutin dilaksanakan, sehingga guru dapat mengupdate pengetahuannya agar dapat mengikuti perkembangan pendidikan 4.0,”sebut Sukardi

Kegiatan ini diikuti dua puluh peserta yang berasal dari delapan sekolah dasar di kecamatan Muara Satu. Peserta kegiatan berasal dari SD Negeri 1 Muara Satu, SD Negeri 2 Muara Satu, SD Negeri 3 Muara Satu, SD Negeri 4 Muara Satu, SD Negeri 5 Muara Satu, SD Negeri 6 Muara Satu, SD Negeri 7 Muara Satu, dan SD Negeri Arun. Kegiatan PKM ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Muara Satu kota Lhokeseumawe yang terletak di Jln. Tgk. Yusuf Alie Batuphat Timur, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe. Dimana masing – masing sekolah mengirimkan dua atau tiga guru sebagai perwakilannya.

Pemateri dalam pelatihan ini adalah Isna Rezkia Lukman, S.Pd., M.Pd., yang merupakan dosen Prodi Penddidikan Kimia yang bidang Media Pembelajaran dan Andika Triwidada, S.Pd., M.Si yang merupakan Narasumber dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Selama pelatihan para peserta terlihat aktif dan antusias mengikuti paparan dari para pemateri. Hal ini terlihat dari berhasilnya guru membuat aplikasi pembelajaran Ispring Suite dan Smartapps. (*)

Kontributor: Abi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *