Rab. Jul 6th, 2022
Peserta Pemberdayaan Ternak Lebah Trigona Diajak Observasi Lapangan

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – Setelah mengikuti paparan cara melakukan ternak lebah trigona (linot) oleh Dosen Universitas Malikussaleh (Unimal) pada Jumat (5/11), peserta diajak melakukan observasi lapangan. Observasi lapangan terhadap proses peternakan linot tersebut berlangsung pada Minggu (7/11) di kawasan Alu Awe, Muara Dua.

Wakil Dekan III Fakultas Teknik Unimal, Muhammad ST Meng, menjelaskan bahwa observasi atau pengamatan lapangan tersebut perlu dilakukan agar peserta dapat mengamati secara langsung cara beternak linot.

“Tidak cukup dengan paparan teori saja, peserta kita ajak untuk mengamati secara langsung bagaimana beternak linot. Mereka mengamati langsung di tempat kami beternak linot di pekarangan rumah,” ujar Muhammad.

Dikatakan Muhammad bahwa pengamatan langsung pada peternakan linot di pekarangan rumah sekaligus sebagai edukasi bahwa beternak linot itu mudah dan dapat dilakukan di sekitar rumah.

Peserta menikmati madu itama dari kandangnya

“Terdapat 8 kandang linot yang diamati. Dari kedelapan kendang tersebut terbagi atas 2 jenis linot yaitu levi dan itama. Peserta juga kita persilahkan untuk menyedot langsung madu linot jenis itama dari kandangnya,” tutur Muhammad.

Amatan acehsiana.com, peserta secara bergiliran menyedot madu linot dari kendang yang sudah disediakan di pekarangan rumah Wakil Dekan III Fakultas Teknik Unimal, Muhammad. Sambil menyedot madu linot, peserta menggali informasi terkait peternakan linot di pekarangan rumah tersebut. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *