Sel. Nov 30th, 2021
Sikapi Kekurangan Guru Produktif, Cabdisdik Wilayah Langsa Jalin Kerjasama dengan Universitas Negeri Padang

ACEHSIANA.COM, Padang – Menyikapi kebutuhan tenaga guru mata pelajaran kejuruan atau guru produktif yang masih kurang di SMK Kota Langsa, Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Wilayah Kota Langsa menjalin kerjasama dengan Universitas Negeri Padang (UNP). Kerjasama tersebut dilakukan antara Cabdisdik Wilayah Kota Langsa dengan Fakultas Teknik UNP terkait Penerimaan Mahasiswa Baru Lulusan SMK yang outpunya diharapkan dapat mengisi kekosongan guru tersebut kedepan.

Penandatanganan perjanjian tersebut dilaksanakan pada Kamis (28/10) di Ruang Kerja Dekan Fakultas Teknik UNP Kota Padang. Sebelumnya dalam perumusan poin-poin kerjasama perjanjian tersebut turut hadir dari pihak UNP diantaranya Dekan Fakultas Teknik (Dr. Fahmi Rizal, M.Pd.,MT.) Wakil Dekan II (Dr. Muhammad Anwar, S.Pd. MT) Wakil Dekan III (Dr. Mukhlidi Muskhir, S.Pd. M.Kom), Kepala Unit Hubungan Industri (Ali Basrah Pulungan, ST, MT), Kepala Bagian Umum (Resdenovia, S.Pd., M.Pd) dan dari pihak Cabdin Wilayah Kota Langsa turut hadir Kepala Cabang Dinas Supriariadi, S.Pd. Kasubbag TU (Ilyas, S.Ag) Kasi Pengembangan Mutu Guru dan Tenaga Kependidikan (Hamzah, MA) serta Muhammad Hendra, M.Pd. staf Cabdin yang berkebetulan adalah salah seorang alumni dari UNP.

Dekan Fakultas Teknik UNP Dr. Fahmi Rizal, M.Pd., MT. menyambut baik program kerja sama tersebut dengan menampung siswa-siswi lulusan SMK dari Kota Langsa untuk berkuliah di UNP dengan catatan lulusan yang betul-betul memiliki kompetensi dibidangnya dan minat yang kuat untuk melanjutkan studi S1 di beberapa program studi pendidikan kejuruan pada Fakultas Teknik UNP. Fahmi mengharapkan mereka nantinya akan mengabdikan ilmu mereka sebagai guru SMK di Wilayah Kota Langsa.

“Saya menyambut baik program ini dan hal yang sama sudah pernah dilakukan dengan Dinas Pendidikan Aceh, semoga kerjasama ini bisa meningkat dan berkembang. Kami siap untuk mendidik anak-anak Kota Langsa sehingga di kemudian hari mau mengabdikan ilmunya di daerah asalnya, kalau bisa ada komitmen untuk kembali ke daerahnya, artinya tidak berlama-lama di Kota Padang apalagi tinggal menetap,” ujar Fahmi.

Dikatakan Fahmi bahwa pihaknya berencana untuk mengirimkan Mahasiswa PPL ke Kota Langsa juga membuka peluang studi untuk jenjang S2 dan S3

Sebelumnya, Kacabdisdik Wilayah Kota Langsa, Supriariadi menjelaskan bahwa perihal penandatanganan program kerjasama tersebut, pihaknya sudah menyampaikan rencana kerjasama tersebut dengan Kepala Dinas Pendidikan Aceh Drs. Alhudri, MM.

“Kadisdik Aceh sangat mendukung program ini dan sangat senang sekali dengan terobosan yang dilakukan oleh Kacabdisdik Wilayah Kota Langsa. Beliau menilai bahwa program ini sangat bagus selama itu mendukung perbaikan mutu pendidikan di Aceh,” tutur Supriariadi. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *