Sel. Nov 30th, 2021
Pemuda Paloh Punti Dilatih Pengelasan

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – Puluhan pemudia Paloh Punti Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe dilatih teknik pengelasan. Mereka dilatih oleh tim Dosen Teknik Mesin Universitas Malikussaleh (Unimal) selama satu minggu.

Wakil Dekan III Fakultas Teknik, Muhammad ST MEng menjelaskan bahwa kegiatan tersebut terlaksana dalam rangka pelaksanaan bagian dari program Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Tim, tambah Muhammad, melibatkan beberapa dosen lintas bidang keahlian pada  Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik  Unimal.

Kegiatan Pengabdian ini di prakarsai oleh Reza Putra, ST., M.Eng, Muhammad, ST., M.Eng, Ir. T. Hafli., MT dan Asnawi, ST.M.Sc dengan mengusung tema Penerapan Teknik Pengelasan Logam sebagai peluang Wirausaha Masyarakat Mandiri di Desa Paloh Punti.

“Pengabdian ini juga merupakan bagian dari Misi Universitas Malikussaleh pada butir ke 3 yaitu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara merata, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat, menuju taraf kehidupan yang lebih baik,” ujar Muhammad.

Dikatakan Muhammad bahwa mereka berharap pemuda Paloh dapat meneruskan image Ahli Las yang melekat pada warga Paloh saat PT. Arun NGL berjaya.

“Tantangan pekerjaan adalah harus mampu bersaing dengan memiliki keahlian sebagai bekal hidup. Mari berkolaborasi dengan Unimal untuk memecahkan masalah dan meningkatkan kerjasama untuk kemajuan desa,” tegas Muhammad.

Pembukaan kegiatan pengabdian yang direncanakan akan berlangsung selama 1 minggu di Dayah Baburrahmah, Desa Paloh punti, di ikuti oleh 10 orang peserta yang merupakan pemuda dari Desa Paloh Punti yang telah mendaftar. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Sekretaris Desa Paloh Punti, Bapak Zulkarnaini dan Tgk. Ridwan Assalam, SH sebagai pimpinan dayah.

Ketua Pelaksana Pengabdian, Reza Putra, mengatakan bahwa kegiatan pengabdian tersebut dapat terlaksana dengan dukungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unimal dan di biayai oleh Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) Universitas Malikussaleh Tahun Anggaran 2021.

“Kami sebagai Tim pelaksana kegiatan berharap peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius agar menjadi dapat menjadi modal dasar berwirausaha. Pelatihan ini akan terdiri 30% teori dan 70% praktek, dimana output yang diharapkan peserta mampu menghasilkan produk kreatif hasil praktek mengelas. Kemampuan mengelas ini diharapkan juga dapat menjadi sumber pekerjaan alternatif apalagi jika didukung ketrampilan imajinasi untuk menghasilkan produk-produk inovasi,” tutur Reza.

Sekdes Paloh punti dalam kata sambutannya berharap pentingnya pengabdian dalam bentuk pelatihan (Workshop) seperti ini dilaksanakan untuk meningkatkan SDM masyarakat desa Paloh Punti, sebisanya Unimal juga membuat pengabdian lain seperti pelatihan  pembuatan kompos dan  proses pembelajaran teknis berwirausaha untuk hasil-hasil pertanian.

Sementara itu, pimpinan Dayah gampong setempat, Tgk Ridwan dalam kata sambutannya mengharapkan keseriusan peserta dalam kegiatan tersebut.

“Kita siap menyediakan fasilitas tempat untuk bengkel agar pemuda dapat berlatih las dan semoga menjadi tempat usaha bengkel las di Desa Paloh Punti,” kata Tg Ridwan.

Turut hadir dalam kesempatan ini mahasiswa KKN Unimal yang sedang melaksanakan kegiatan  di Dayah Paloh Punti. Kegiatan penyuluhan dan diskusi yang diawali hari ini dan akan dilanjutkan dengan pelatihan dasar las selama 1 minggu oleh Instruktur Las,  Zulbahraini, ST yang merupakan alumni Prodi Teknik Mesin Unimal yang saat ini bertugas sebagai Guru pada SMK Negeri 1 Nisam, Aceh Utara. Hasil pelatihan pengelasan ini menargetkan produk tenda bongkar pasang yang dapat disambung dengan tenda yang lain. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *