Jum. Jul 1st, 2022
Petakan Bakat dan Minat Siswa, Cabdisdik Aceh Tengah Gelar Asesmen Potensi Peserta Didik

ACEHSIANA.COM, Takengon – Guna memetakan bakat dan minat siswa, Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Wilayah Kabupaten Aceh Tengah menggelar Asesmen Potensi Peserta Didik (APPD) secara online. Asesmen tersebut digelar pada hari Jumat (15/10) yang diikuti oleh 1.165 siswa Kelas XII dari 21 sekolah  SMA dan SMK di Kabupaten Aceh Tengah.

Kacabdisdik Aceh Tengah, Drs Khalidin MPd melalui Kasi Pengembangan Mutu GTK, Hendri Putra SPsi MPd, menjelaskan bahwa kegiatan APPD ini bertujuan untuk memetakan kecenderungan potensi minat/bakat siswa sehingga memudahkan siswa untuk memilih jurusan di perguruan tinggi.

“Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan ini peserta didik mendapat informasi sebelum mengambil keputusan  dalam menentukan jurusan, kampus, serta profesi yang akan dipilih berdasarkan analisis potensi minat bakat yang dimiliki,” ujar Hendri.

Dikatakan Hendri bahwa APPD yang dilaksanakan bukan hanya untuk memetakan potensi siswa saja, tetapi akan dilanjutkan dengan bimbingan karir bagi siswa.

“Kita juga mengundang Psikolog untuk memberikan penguatan dan pembekalan dalam rangka pengembangan potensi diri dan sekaligus memotivasi peserta didik untuk lebih semangat meraih cita-cita dan karirnya kelak,” pungkas Hendri.

Peserta yang mendaftar dalam kegiatan tersebut mencapai 1.691 peserta dari 23 sekolah. Tetapi pada saat pelaksanaan ujian hanya 1.165 peserta dari 21 sekolah yang berpartisipasi, sisanya 526 peserta mendapat kendala teknis dan jaringan. Selanjutnya akan dijadwalkan ujian susulan. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *