Rab. Okt 27th, 2021
Samsat Lhokseumawe Luncurkan Program Samsat Saweu Sikula

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – UPTD Wilayah V Badan Pengelolaan Keuangan Aceh (BPKA) atau lebih dikenal dengan Sistem Administrasi Satu Atap (Samsat) Lhokseumawe meluncurkan program Samsat Saweu Sikula. Peluncuran tersebut berlangsung di SMKN 1 Lhokseumawe pada Kamis (7/10).

Peluncuran Samsat Saweu Sikula dilakukan oleh Kepala Samsat Lhokseumawe, Chaidir SE MM yang dihadiri oleh Kasatlantas Polres Lhokseumawe diwakili Kanitdikyasa Zulkifli SH, Kepala TU Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Wilayah Kota Lhokseumawe, Jamaluddin SPd MM, serta perwakilan Jasa Raharja Kota Lhokseumawe.

Kepala Samsat Lhokseumawe, Chaidir, menjelaskan bahwa program tersebut bertujuan untuk memberi edukasi sejak dini kepada siswa SMA dan SMK di Kota Lhokseumawe.

“Program ini merupakan salah satu kegiatan inovasi Samsat Lhokseumawe dalam upaya meningkatkankan kesadaran masyarakat sadar akan kewajiban membayar pajak kendaraan. Pertama sekali di laksanakan di SMKN 1 Lhokseumawe dengan menghadirkan 50 orang guru dan 200 orang siswa,” ujar Chaidir.

Dikatakan Chaidir bahwa pihaknya juga memperkenalkan program SAMSAT JEMPOL (Jemput Pajak Online) yang merupakan kendaraan bermotor yang dilengkapi dengan saranan peralatan untuk melakukan pembayaran dan cetak notifikasi pajak kendaraan bermotor oleh petugas SAMSAT.

Lebih lanjut Chaidir menambahkan bahwa program tersebut merupakan salah satu ihtiar pihaknya untuk berusaha memberikan pemahaman dan berbagi informasi kepada sisw SMA/SMK dan seluruh masyarakat tentang kewajiban untuk tertib dan taat dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

“Hasil dari pembayaran pajak kendaraan tersebut merupakan salah satu sumber pembiayaan untuk pembangunan di Aceh. SAMSAT Lhokseumawe terus berupaya dengan menggandeng mitra baik dari Pemerintah Kota Lhokseumawe, Pemerintahan di kecamatan, gampong, dunia pendidikan, organisasi profesi dan organisasi kemasyarakatan lainya untuk sama sama meberi pemahaman dan kesadaran bagi masyarakat khusunya warga Lhokseumawe untuk taat pajak, serta memakai kendaraan dengan plat BL,” pungkas Chaidir.

Kepala SMKN 1 Lhokseumawe, Irwan SPd, menyambut positif dan berbangga sekolahnya menjadi tempat perdana kegiatan SAMSAT Saweu Sikula.

“Alhamdulillah guru dan siswa mendapatkan edukasi bahwa mudah bayar pajak tanpa harus menunggu lama dan susah, rupanya bayar pajak di SAMSAT itu mudah, cepat dan menyenangkan apalagi dengan adanya SAMSAT JEMPOL,” kata Irwan.

Menurut Irwan, Samsat Jempol membuat masyarakat dapat bayar pajak kendaraan bermotor hanya menunggu 2 menit langsung selesai.

“Hari ini saja terdapat 20 guru yang langsung membayarkan pajak kendaraannya di SAMSAT JEMPOL pada acara tersebut,” tutur Irwan. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *