Sel. Nov 30th, 2021

SABANG-Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sabang Pantau Pelaksanaan ANBK Jenjang SMP yang berlangsung hari ini Senin (02/10/2021) disejumlah Sekolah tingkat SMP.

Menurut Desiana, Secara umum kegiatan Asesmen Nasional berbasis Komputer pada hari ini berlangsung sukses.

“Dari pantauan kami, Secara umum pelaksaanan ANBK yang berlangsung hari ini berjalan dengan baik, kecuali ada satu sekolah yang sedikit ada kendala mungkin karena menggunakan sistim Full Online. Saya berharap agar setiap sekolah biasa melaksanakan ANBK ini dengan serius dan sungguh-sungguh”, Ucapnya.

Desi menambahkan, bahwa tujuan pelaksaan asesmen Nasional ini dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan dirancang untuk menghasilkan informasi akurat guna memperbaiki kualitas belajar-mengajar yang nantinya akan meningkatkan hasil belajar siswa.

“Asesmen Nasional ini sangat penting dilakukan untuk melihat kopetensi mutu sekolah. Pada Asesmen Nasional, nantinya mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar siswa yang berdasarkan literasi, numerasi dan karakter, kualitas proses belajar-mengajar, dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Jadi ada tiga instrument penilaian pada Asesmen Nasional, yakni: Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar”, Jelasnya.

Sebagaimana diketahui, bahwa ANKB jenjang SMP untuk Kota Sabang berlangsung dari tanggal 4 s.d. 7 Otober 2021. Masing-masing sekolah sudah memiliki jadwal AN sendiri. Adapun sekolah yang melaksanakan ANBK secara mandiri diantaranya SMP Negeri 1 Sabang, SMP Negeri 2 Sabang, SMP Negeri 3 Sabang, SMP Negeri 5 Sabang, SMP Negeri 6 Sabang, SMP Negeri 7 Sabang dan Sekolah Islam Al-Mujadid. Selebihnya menumpang kesekolah tetangga terdekat yang memiliki fasilitas pendukung yang memadai.

Laporan: Enzuharisman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *