Jum. Agu 19th, 2022
Mulai Tahun 2022, Seluruh Sekolah di Aceh Singkil Kembali Belajar Normal

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2021 di SMAN 7 Lhokseumawe berlangsung sukses. Sebanyak 45 siswa dan seluruh guru SMAN 7 Lhokseumawe ikut berpartisipasi. ANBK di SMAN 7 Lhokseumawe berlangsung pada tanggal 29 – 30 September 2021 di Laboratorium Komputer sekolah tersebut.

Kepala SMAN 7 Lhokseumawe, Drs Mukhtaruddin, M.Pd, menjelaskan bahwa ANBK tahun 2021 merupakan program nasional sebagai bagian dari evaluasi yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) untuk meningkatkan mutu pendidikan.

“Peningkatan mutu pendidikan dimaksud dengan cara memotret input, proses dan output pembelajaran pada setiap sekolah. Oleh karena itu setiap sekolah wajib menyelenggarakan ANBK,” ujar Mukhtaruddin.

Dikatakan Mukhtaruddin bahwa terdapat 3 (tiga) instrumen utama dalam ANBK, yaitu Asesmen Kompetesnsi Minimum (AKM baik literasi maupun numerasi), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

“Sekitar 45 siswa kita kelas XI yang dipilih secara acak oleh sistem yang mengikuti ANBK. Sementara seluruh guru wajib mengikuti Survei Lingkungan Belajar,” tambah Mukhtaruddin.

Mukhtaruddin menambahkan bahwa sistem ANBK di sekolah tersebut menggunakan full online yang diawasi oleh pengawas silang. Mukhtaruddin menegaskan bahwa seluruh siswa yang terpilih mengikuti ANBK sudah mempersiapkan diri.

“Meskipun tidak menentukan kelulusan, tetapi siswa sangat antusias mengikuti ANBK. Siswa kita juga sudah memahami bahwa salah satu tujuan AKM adalah untuk mengukur kemampuan literasi membaca dan numerasi diri mereka,” pungkas Mukhtaruddin.

Amatan acehsiana.com, ANBK di SMAN 7 Lhokseumawe berlangsung selama dua hari dengan masing-masing terdiri atas dua sesi. Seluruh peserta ANBK, pengawas, teknisi, proktor mengikuti ANBK dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (*)

Editor: Ami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *