Jum. Agu 12th, 2022

ACEHSIANA.COM, Tapaktuan – Direktur Politeknik Aceh Selatan (Poltas), Dr Muhammad Yasar STP MSc mengajak mahasiswa untuk memperkuat soft skill. Ajakan tersebut disampaikan Yasar saat membuka Musyawarah Komisariat (Muskom) Satuan Pelajar Mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila Poltas pada Minggu (26/9) di Tapaktuan.

Ketua DPC Pemuda Pancasila Aceh Selatan, Yoserizal Mouna, menjelaskan bahwa muskom perdana tersebut dihadiri oleh 50 orang mahasiswa beserta para undangan dengan pelaksanaan kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19.

Dikatakan Yoserizal, pihaknya sedang berupaya untuk mengembangkan organisasi terutama Sapma. Komisariat Poltas, tambah Yoserizal, merupakan komisariat pertama yang terbentuk di bawah kepemimpinan Ketua Sapma.

“Kami menyampaikan terimakasih kepada Direktur Poltas atas dukungan terhadap Pembentukan Sapma Komisariat Poltas”, ujar Yoserizal.

Sementara dalam sambutan sekaligus membuka acara, Direktur Poltas, Dr. Yasar menyampaikan apresiasi terhadap upaya Pemuda Pancasila dalam upaya membina generasi muda. Mantan Ketua KNPI Malaysia ini mengajak semua Ormas/OKP untuk berkolaborasi dalam mengemban tanggungjawab pembinaan Pemuda sebagai pewaris masa depan bangsa.

Yasar menyebutkan bahwa organisasi itu sangat penting bagi mahasiswa. Kuliah saja tidak cukup dalam membangun kapasitas diri. Selain hard skill, lanjut Yasar, perlu juga bagi mahasiswa memiliki penguatan soft skill yang hanya dapat diperoleh melalui proses berorganisasi.

“Mari manfaatkan wadah organisasi untuk membentuk dan mengembangkan soft skill, karena ia sangat penting dalam membangun kapasitas diri. Tapi ingat, tidak ada alasan kuliahnya jadi jelek karena berorganisasi. Sejatinya kemampuan organisatoris justeru mendorong peningkatan prestasi,” tutur Yasar.

Yasar juga mengingatkan agar kehadiran berbagai organisasi ekstra kampus mampu mendorong akademik atmosfer yang sehat dikampus.

“Hindari kompetisi dalam makna negatif dan kuatkan kolaborasi. Kehadiran Sapma harus mampu bersinergi dengan BEM atau Himpunan sehingga secara bersama-sama bisa eksis dalam membangun citra kampus,” pungkas Yasar.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Srikandi Pemuda Pancasila Aceh Selatan, Zahratul Idami SH, Wakil Direktur 1 Poltas, Herry Setiawan, S.ST., MT, Presiden BEM Poltas, Riska Farhana, dan sejumlah undangan lainnya. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *