Sen. Sep 20th, 2021

ACEHSIANA.COM, Bireuen – Guna membantu guru peserta seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Dinas Pendidikan Aceh meluncurkan aplikasi belajar mandiri Meutuwah Guree.  Peluncuran tersebut dilaksanakan di gedung SMAN 2 Peusangan, Bireuen, pada Minggu (12/9).

Aplikasi Meutuwah Guree diluncurkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Alhudri MM yang diwakili Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah Kabupaten Bireuen, T Murtadha SSos.

Kacabdisdik Wilayah Bireuen, T Murtadha, meminta kepada guru peserta seleksi PPPK agar memanfaatkan aplikasi belajar mandiri yang dikembangkan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI) Wilayah Aceh bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Aceh tersebut.

“Terima kasih kami ucapkan kepada IGI dan JSDI Wilayah Aceh melalui tim pengembangnya yang telah bersusah payah mengembangkan aplikasi yang sangat bermanfaat ini. Kepada peserta agar betul-betul memanfaatkan aplikasi Meutuwah Guree ini untuk belajar mandiri dalam rangka menghadapi seleksi PPPK,” ujar Murtadha yang akrab disapa pak guru.

Ketua tim pengembang aplikasi Meutuwah Guree, Khairuddin MPd menerangkan bahwa setelah sukses mengembangkan aplikasi try out UTBK Meutuwah Nanggroe yang diluncurkan oleh Ibu Gubernur Aceh, Dyah Erti Idawati pada Maret lalu, kini di Kabupaten Bireuen kembali diluncurkan aplikasi Meutuwah Guree.

“Aplikasi ini merupakan aplikasi belajar mandiri bagi guru peserta PPPK yang berisi soal-soal setara seleksi PPPK. Aplikasi ini dapat dijalankan menggunakan Android maupun laptop baik menggunakan internet maupun tanpa internet,” sebut Khairuddin.

Dikatakan Khairuddin bahwa dengan menjawab soal-soal pada aplikasi tersebut, maka kunci jawaban akan masuk ke email masing-masing. Dengan demikian, peserta dapat mengetahui jawaban yang benar untuk seluruh soal. Setiap bidang studi memiliki link aplikasi tersendiri.

“Sistem ini kita bangun dengan menggunakan acakan, sehingga setiap kali menjawab soal maka akan ditampilkan soal yang berbeda-beda. Semoga ikhtiar ini membantu peserta PPPK sehingga lulus saat mengikuti seleksi nantinya,” pungkas Khairuddin.

Adapun link untuk mendownload aplikasi Meutuwah Guree adalah sebagai berikut.

  1. Pendididikan Agama Islam ; https://s.id/p3k-pai
  2. Bahasa Indonesa ; https://s.id/p3k-bin
  3. Bahasa Inggris ; https://s.id/p3k-eng
  4. Matematika ; https://s.id/p3k-mat
  5. PKn ; https://s.id/p3k-pkn
  6. Sejarah ; https://s.id/p3k-sej
  7. PJOK ; https://s.id/p3k-pjok
  8. Seni Budaya ; https://s.id/p3k-sbd
  9. Fisika ; https://s.id/p3k-fis
  10. Kimia ; https://s.id/p3k-kim
  11. Biologi ; https://s.id/p3k-bio
  12. Geografi ; https://s.id/p3k-geo
  13. Sosiologi ; https://s.id/p3k-sosio
  14. Ekonomi ; https://s.id/p3k-eko
  15. Informatika ; https://s.id/p3k-inf
  16. Bimbingan Konseling ; https://s.id/p3k-bk
  17. Bahasa Arab ; https://s.id/p3k-bar
  18. Pedagogik, Manajerial, Sosiokultural dan Wawancara ; https://s.id/p3k-pmsw

Di dalam setiap folder yang didownload akan terdapat :

  1. File .apk yang dapat diinstall langsung dan dijalankan melalui handphone. Jika handphone menganggap file tersebut berbahaya, tidak masalah, karena file tersebut tidak melalui playstore dan centang pada izinkan “sumber tidak diketahui”
  2. Folder Compress (Zip) yang dapat diekstrak dan dijalankan di komputer melalui browser (Microsoft Edge atau Google Chrome)

Soal tersebut hanyalah bentuk latihan persiapan PPPK, bukan soal PPPK.

Aplikasi tersebut terdiri dari soal kompetensi teknis (pedagogi dan profesional), kompetensi manajerial, kompetensi sosio kultural dan wawancara, dengan pola skor yang mengikuti acuan PPPK, yaitu :

  1. Setiap jawaban yang benar pada kompetensi pedagogik bernilai 5 dan 0 jika salah.
  2. Kompetensi Sosio Kultural bernilai 5, 4, 3, 2, 1.
  3. Kompetensi Manajerial dan Wawancara bernilai 4, 3, 2, 1.

Jawaban yang benar bisa diperiksa di email sendiri yang diinput.

Jika terdapat link yang tidak berfungsi dengan baik, silahkan hubungi Faisal (0852 6002 5299) atau Jon Darmawan (0813 6035 0319). (*)

Editor: Darmawan

2 thoughts on “Seleksi PPPK, Disdik Aceh Luncurkan Aplikasi Belajar Mandiri Meutuwah Guree”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *