Rab. Okt 27th, 2021
Guru Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe Dilatih Pemanfaatan Microsoft untuk Pembelajaran

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – Guru-guru Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe dilatih Pembelajaran Berbasis Digital menggunakan Microsoft. Microsoft Office 365 menjadi platform e-learning yang dipilih sebagai upaya penerapan Blended Learning. Kegiatan yang berlangsung tanggal 6 – 9 September 2021 dipandu oleh Trainer Sekolah, yaitu Sarlivanti SPd MPd, Annisa Aris Tantya SPd MA, Dian Maya Putri SPd Nurfitria SSi, dan Azwar Anas SPd.

Direktur Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe Zubir SSi dalam sambutannya menyampaikan bahwa sekolah yang baik adalah yang membangun organisasi belajar.

“Aktivitas diseminasi Microsoft office 365 untuk guru sekolah Sukma Bangsa Lhokseumwe adalah bagian dari aktivitas orgnasisasi belajar tersebut,” ujar Zubir.

Dikatakan Zubir bahwa guru sebagai ujung tombak mutu pendidikan, maka perlu secara berkelanjutan meningkatkan kapasitas diri. Oleh karena itu, lanjut Zubir, pelatihan Microsoft office 365 ini diikuti oleh seluruh guru dilevel SD, SMP dan SMA serta staf Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe.

“Yayasan sangat senang dan bangga ketika melihat semangat belajar yang tinggi dari guru. Ini satu hal bagus dan perlu menjadi budaya,” sebut Zubir.

Zubir menambahkan bahwa menghadapi era New Normal (kebiasaan baru), sekolah mesti memiliki exit strategy dalam melaksanakan pembelajaran.

“Kedepan, kombinasi antara Blended Learning, Hybrid Learning, dan Tatap Muka (F2F) akan menjadi pilihan semua Sekolah. Sekolah sukma dalam hal ini akan bergerak kesana, mendesain pembelajaran yang mengikuti perkembangan zaman,” tutur Zubir.

Salah seorang peserta, Alfa Ridzi SMat mengungkapkan bahwa pelatihan tersbeut sangat membantunyadalam memahami Microsoft Teams dan aplikasi lain didalam office.

“Terlebih beberapa fitur sangat membantu dalam proses belajar mengajar terutama untuk guru matematika seperti saya,” kata Alfa.

Peserta lain, Irdy menyatakan bahwa pelatihan tersebut memberikan pembekalan diri yg sangat luar biasa hebat. Menurut Irdy, Microsoft Office 365 merupakan bantuan yang paling tepat bagi guru untuk melakukan pembelajaran online dan offline yang bernuansa milenial dan no boring.

“Karena kelebihan yang ditawarkan oleh Microsoft Office 365 yang sangat banyak, fitur yang menarik dan sangat pas untuk seorang guru milenial, yang di tuntut untuk serba update dan kekinian,” ungkap Irdy.

Dalam Pelatihan Microsot Office 365 tersebut, materi yang disampaikan tentang pemanfaatan kelas daring dan pengumpulan tugas di Microsoft Teams, pembuatan formulir dan quiz di Microsoft Forms. Pemanfaatan Classnotebook untuk membuat catatan, membagikan materi dan tugas, pemanfaatan Microsoft Sway untuk mendesain bahan ajar serta mengoptimalkan fasilitas OneDrive dalam penyimpanan data di cloud sebanyak 5 terabyte. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *