Kam. Jun 30th, 2022

ACEHSIANA.COM, Takengon – Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Wilayah Kabupaten Aceh Tengah menggelar Asesmen Kompetensi Kepribadian Guru (AKKG). Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai Senin (6/9) di 34 sekolah dalam Kabupaten Aceh Tengah.

Kacabdisdik Aceh Tengah, Drs Khalidin MPd melalui Kasi Pengembangan Mutu GTK, Hendri Putra SPsi MPd, menjelaskan bahwa guru memiliki tanggungjawab yang besar terhadap keberlangsungan proses pembelajaran.

“Disadari atau tidak, disamping perangkat dan segala yang berhubungan dengan pembelajaran dan keberhasilan tujuan pendidikan, kepribadian guru sangat menentukan keberhasilan tersebut. Oleh karenanya guru harus terus meningkatkan kompetensi kepribadiannya,” ujar Hendri.

Dikatakan Hendri bahwa salah satu upaya yang dilakukan Cabdisdik Aceh Tengah adalah melakukan AKKG. AKKG, tambah Hendri, merupakan salah satu upaya untuk memetakan dan mengembangkan kompetensi kepribadian guru.

“Kita berharap output dari AKKG adalah meningkatnya kinerja guru, berprestasi, dan mampu memotivasi bejajar siswa. Guru akan diberikan instrumen yang harus dijawab. Hasil dari instrumen akan mencerminkan kecenderungan potensi kepribadian guru,” pungkas Hendri.

Hendri menuturkan bahwa AKKG tersebut melibatkan unsur akademisi, LSM Peduli Pendidikan, Pengawas Sekolah, MKKS serta Psikolog. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *