Jum. Jan 21st, 2022

ACEHSIANA.COM, Langsa – Marzuki, alumni SMAN 1 Julok, Kabupaten Aceh Timur, meraih gelar doktor dengan predikat Summa Cum Laude di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Kepastian tersebut setelah Marzuki mampu mempertahankan disertasinya secara dalam jaringan (daring) dari Langsa pada Selasa (24/8).

Pendidikan merupakan hal yang paling mendominasi dalam hidup Dr. Marzuki, M.Pd. Anak ketiga dari pasangan Mansur, dan Alm Kamariah ini memulai pendidikan formal dari SD Negeri 1 Ulee Gajah Aceh Timur, SMP Negeri 1 Nurussalam, dan  SMA Negeri 1 Julok. Tahun 2010 memperoleh gelar sarjana Pendidikan Matematika di Universitas Syiah Kuala, dengan lulusan cum laude. Tahun 2012 lulus dari program magister Pendidikan matematika di Universitas Negeri Medan, dengan lulusan cum laude. Pada tahun 2018 melanjutkan studi S-3 pada program studi Pendidikan Matematika FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, dengan lulusan summa cum laude.

Karir di Perguruan Tinggi dimulai sejak tahun 2012 di Program Studi Pendidikan Matematika IAIN Langsa Provinsi Aceh. Selanjutnya, sebagai bentuk kecintaan pada bidang ilmu Pendidikan Matematika, beberapa kajian literatur, dan hasil penelitian telah dipublikasikan baik dalam bentuk seminar ataupun jurnal, sebanyak 16 artikel.

“Karya disertasi saya menghasilkan enam judul artikel yang telah dipublikasikan pada jurnal terindex Scopus Q1 (1 artikel), 4 artikel pada prosiding terindex Scopus Q4. Selain itu, terdapat 1 artikel  yang  saya persiapkan untuk dipublikasikan pada jurnal internasional terindex Scopus Q1, dan tiga buku ber-ISBN,” ujar Marzuki.

Dikatakan Marzuki bahwa sejak SMA ia sudah mencintai matematika. Saat itu Marzuki dimotivasi dan didukung oleh guru sekolah hingga memilih kuliah S-1, S-2, dan S-3 dalam bidang pendidikan matematika.

“Alhamdulillah S1, S2, dan S3 saya peroleh dengan predikat lulusan summa cum laude. Kesuksesan ini tentu berkat doa restu orang tua, keluarga, kolega, dan tentu dari guru SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Akhirnya bisa menyelesaikan pendidikan tertinggi dengan tepat waktu,” pungkas Marzuki yang juga alumni ToT Microsoft Guru Inovatif Aceh itu.

Marzuki yang juga trainer Microsoft Office 365 untuk Aceh ini ingin mengabdi di kampus IAIN Langsa pada prodi Pendidikan Matematika. Guna menyebarkan ilmu pengetahuan yang diperoleh, Marzuki, pada tahun 2016 Marzuki mendirikan sebuah lembaga pendidikan dengan misi dapat berkolaborasi dengan semua lini untuk meningkatkan pendidikan, khususnya di kota Langsa. Melalui kedua lembaga tersebut, Marzuki berharap dapat memberikan konstribusi ilmu pengetahuan buat bangsa indonesia khususnya di Kota Langsa. (*)

Kontributor: Khairuddin

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *