Jum. Jan 21st, 2022

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – Rabu 25 Agustus 2021 mulai pukul 09.00 hingga 12.00, telah dilangsungkan Webinar Gerakan Literasi Digital 2021 kabupaten Aceh Timur, bertajuk “Bijak bermedia Digital” yang diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI.

Kegiatan ini dilakukan secara massif untuk mendorong masyarakat agar cerdas, bijak dan berbudaya serta berperan aktif dalam menggunakan teknologi informasi dalam era digital. Presiden Joko Widodo dalam sesi pembukaan menyampaikan Dukungan penuh dengan Fasilitas Layanan Internet 4G keseluruh Indonesia agar Indonesia Cerdas terwujud, disambut juga dengan Harapan Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah, yang berharap dapat meningkatnya penggunaan internet dari Aceh di atas 3,7 juta jiwa pada saat ini

Webinar diisi oleh 2 pemateri Nasional dan 2 Oemateri Lokal, Vita Wardana dari Konsultan Pendidikan EDU Indonesia dari Jakarta, Dr, Cand, Siska Armawati Sufa S,Sos. M,Kom dari Surabaya, Muhammad, ST.M.Eng IPM, Dari Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh Lhokseumawe, Serta Dr.Muslem Daud M.ED dari Univsersitas Serambi Mekah Banda Aceh.

Dalam pemamparannya Vita Wardana menjelaskan bagaimana dan strategi dalam dunia digital, kecakapan merupakan sebuah hal yang harus ada karena menyangkut dengan teknologi, Dr Siska, memberikan materi bagaimana mengelola dunia digital ini dengan nyaman dan aman, karena Era digital yang sangat terbuka membuat orang lain akan sangat mudah untuk masuk ke ranah privacy kita yang tanpa kita sadari, bijak dan perlu kehatian-hatian merupakan kunci dalam hal ini.

Wakil Dekan III FT Unimal Muhammmad, tampil sebagai pemateri Lokal dari Unimal membahas tentang Budaya Digital, bagaimana Peran Komunitas Akademik dalam Pendidikan Di Era digital, perlu kerja keras dari kita bersama, khususnya komunitas akademik dalam upaya mengedukasi masyarakat agar literasi digital dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat, masih banyak informasi yang tidak tersampaikan ke masyarakat berdasarkan kasus-kasus yang terjadi di kalangan Mahasiswa, peserta didik, orang tua yang didapatkan. Malas dan takut teknologi adalah penyebab utama yang harus kita hilangkan dari masyarakat untuk bisa keluar dari zona zaman selama ini. Kasus-kasus yang terjadi di kampus dan Masyarakat diangkat sebagai contoh agar seluruh Peserta memahami kondisi sebenarnya sehingga peserta yang hadir dalam zoom meeting dapat mengetahui bahawa masih ada kasus yang harus segera terselesaikan.

Dr. Muslem Daud, dalam materinya menyampaikan Etika dalam dunia digital, sebagai Ketua LPPM beliau memabahas tentang bagaimana etika menshare informasi, bagaimana mengambil bahan kajian dari internet agat tidak dianggap plagiat. Dalam kesempatan ini juga beliau menyampaikan bagaimana etika dasar orang Aceh kita yang selalu hormat dan sopan yaitu mengambil sebuah hadih maja : Jak ube leut tapak, duk Ube leut Punggong.

Kegiatan dihadiri oleh ratusan peserta yang terdiri dari dosen, Mahasiswa, ormawa dan masyarakat umum¸ Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyaknya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. Salah satu pertanyaan adaah tentang Aplikasi Play Store yang menyediakan fasilitas layanan yang cukup banyak, bagaimana menyikapinya. Bagaiamana menjadi bagian dari Komunitas akademik bagi masyarakat umum yang tidak masuk dalam organisasi Propesi, peserta sangat beragam dari Jogjakarta, medan, Aceh dan sumatera utara.
Panitia menyediakan doorprize berupa voucher bagi 10 peserta dengan pernyataan terbaik.

Webinar ini merupakan satu dari rangkaian webinar Literasi Digital di Aceh Timur. Akan berlajut secara terus menerus. Adapun pada bulan September nanti sudah terjadwal di tanggal 4, 11, 25, 18 dan 25, Masyarakat diharapkan dapat hadir pada webinar-webinar yang akan datang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *