Jum. Jan 21st, 2022

Acehsiana.com – Banda Aceh – Parliamentary Debate World Conference (PDWC) adalah program tahunan yang diselenggarakan oleh WAKU PRO FOUNDATION  jepang untuk siswa Sekolah Menengah Atas dalam Kancah Internasional. Program ini bertujuan untuk perdamaian dan persahabatan lintas Negara, Agama dan Budaya (Friendship Harmony).

Tahun ini PDWC di selenggarakan secara online dan di ikuti oleh 12 group peserta dari 7 Negara yaitu Jepang, New Zealand, Indonesia, Amerika, Jamaica ,Australia dan Thailand. 

Kepala SMA Negeri 3 Banda Aceh, Syarwan Joni, S.,Pd., M.Pd yang dikomfirmasi aechsiana.com menyampaikan bahwa kegiatan PDWC  yang di ikiuti oleh Tim Debat sekolahnya melalui berbagai tahapan seleksi diawali dengan seleksi admisnitrasi, paparan gagasan cultural connect activity oleh masing-masing peserta. Alhamdulillah hasil seleksi administrasi dan gagasan cultural Tim Debat sekolah kami yang terdiri dari 3 siswa dan 1 guru pembimbing berhasil Lolos menjadi satu-satunya Tim SMA mewakili Indonesia dalam PDWC tahun ini, sehingga bersama perserta lainnya dari 7 negera mengikuti kompetisi  yang di laksanakan secara online tanggal 15 sampai 21 Agustus 2021 Unggakap Syarwan.

Melalui Guru Pembimbing  Laila Zahara, S.Pd., M.Pd  menyampaikan bahwa selama lebih kurang satu minggu siswa dan guru dilibatkan dalam  kegiatan presentasi budaya negara masing-masing,  mengenal budaya jepang dan Debate Friendship. Indonesia  yang di wakili oleh SMA Negeri 3 Banda aceh dalam hal ini mendapat kehormatan terpilih untuk mempresentasikan video tentang cultural connect activity yang berdurasi 5 menit dengan konten budaya aceh bersamaan dengan Jepang dan Jamaica. 

Tim Debat SMAN 3 Banda Aceh Nazuya Aliyyah, Falisha Salma dan Clairine Leony berkesempatan tampil lebih awal dari negara lain. “Kami perkenalkan budaya Aceh dengn judul Cultural Connect Activit  dengan durasi lima menit”  Kata Nazuya Aliyyah kepada media acehsiana.com. “Alhamdulillah Siswa kami mendapat penghargaan EMBODYING RESPECT AWARD PDWC 2021 kata Laila Zahara, S. Pd., M. Pd.  

Dengan Capaian luar biasa ini tentunya Syarwan Joni selaku Kepala Sekolah memberikan penghargaan dan apreasiasi kepada ketiga siswa dan guru pembibing yang telah berhasil  beprestasi lolos dalam 3 besar dan memperoleh penghargaan internasioanal  dengan harapan tentunya jejak pengalaman yang dilalui oleh Tim Debat Sekolah nya dapat menjadi motivasi bagi sekolah-sekolah lainnya di Aceh, sesaui dengan motto SMANTIG Iklas Bebuat Rela Berbagi, Insya Allah kami akan siap bebagi pengalaman dengan duta PDWC di tahun- tahun mendatang tutup syarwan.

 

Contributor: Hendra Ervany

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *