Sel. Nov 30th, 2021
Kembangkan Sekolah, Kemdikbudristek Harap Sekolah Miliki Website

ACEHSIANA.COM, Jakarta – Guna mengembangkan sekolah, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) mengharapkan agar sekolah memiliki website. Harapan tersebut disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dasmen), Jumeri, dalam webinar digital society pada Kamis (5/8).

Menurut Jumeri, sekolah diharapkan memiliki website khusus. Website, tambah Jumeri dapat membantu menemukan banyak peluang mengembangkan sekolah.

“Web sekolah ini merupakan sarana penting untuk bisa menginformasikan secara cepat, akurat, simpel, murah, akuntabel, dan berdaya jangkau luas. Ini penting,” ujar Jumeri.

Dikatakan Jumeri bahwa berdasarkan pengalamannya ketika menjadi kepala sekolah, website menjadi sarana berkomunikasi dengan masyarakat luas. Terlebih lagi, sebut Jumeri, di era ini ketika dunia menghadapi pandemi dan interaksi tatap muka sudah sangat berkurang.

Jumeri menegaskan bahwa kunjungan secara langsung saat ini sudah banyak berkurang. Oleh karenanya, kata Jumeri, komunikasi lewat teknologi informasi menjadi sarana yang paling efektif untuk bisa memperkenalkan sekolah.

“Karenanya, pembuatan website sekolah menjadi salah satu pilihan ketika masyarakat mulai terbiasa dengan memanfaatkan teknologi berbasis internet. Sudah selayaknya lembaga pendidikan memiliki website sebagai sarana komunikasi antara guru, siswa, wali murid, dan orang tua dan masyarakat luas,” harap Jumeri.

Jumeri menerangkan bahwa terkadang lembaga donor juga mencari sekolah yang dijadikan sasaran bantuan melalui website. Jika sekolah tidak memiliki website yang representatif dan komunikatif, pungkas Jumeri, maka tidak akan bisa menjelaskan kondisi yang sebenarnya.

“Potensi dan kehebatan sekolah harus diperkenalkan kepada dunia luar melalui website. Mari kita membuat website yang komunikatif, aman, dan bisa menjadi sarana untuk menyebarluaskan info tentang sekolah,” tutup Jumeri. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *