Jum. Agu 19th, 2022

ACEHSIANA.COM, Sabang – Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah Kota Sabang, Abdul Hamid SPd MPd menyebutkan bahwa gerakan nasional literasi digital merupakan kebutuhan guru. Hal itu disebutkan Hamid saat menjadi narasumber Kecakapan Digital pada Rabu (4/8) via virtual di Sabang.

Menurut Hamid, terdaoat 4 (empat) fase perubahan guru sebagai pendidik. Keempat fase tersebut, tambah Hamid, adalah guru dibekali dengan batu sebagai alat tulis sehingga siswa harus menghafal materi pembelajaran.

“Fase kedua adalah guru kapur tulis. Kapur tulis saat itu menjadi satu satunya alat yang digunakan guru untuk menulis dan menerangkan pelajaran. Sementara fase ketiga merupakan guru spidol,” ujar Hamid.

Dikatakan Hamid bahwa fase ketiga guru sudah dihadapkan dengan penggunaan PowerPoint. Hal ini, lanjut Hamid, awal mulainya fase keempat yaitu fase digital.

“Pandemi membawa masa dimana yang dahulunya pendidik hanya menggunakan batu tulis sebagai media pembelajaran berganti menjadi kapur tulis dan spidol. Kini pendidik maupun peserta didik berhadapan dengan era digital dimana teknologi mengambil peran dalam ruang lingkup pendidikan,” terang Hamid.

Lebih lanjut Hamid menambahkan bahwa guru tidak bisa menghindari masa ini meski masih banyak kekurangan disana – sini. Untuk itu perlu adanya kesiapan skill pendidik terhadap penguasaan teknologi pembelajaran itu sendiri sehingga bisa menularkan kepada peserta didik.

“Tidak hanya itu, pendidik harus memiliki pengetahuan tentang cyberbullying sehingga dapat memberikan pandangan dan wawasan kepada peserta didik agar dapat tetap menjaga adab dan etika dalam penggunaan technologi digital sehingga tidak tersandung kasus hukum,” pungkas Hamid.

Selain Abdul Hamid, narasumber lain yang ikut menyampaikan materi adalah Dr. Bambang Sadono, SH.M.H ( Dosen Ilmu Hukum Universitas Semarang), kedua Dr(c) Rr. Vemmi Kesuma Dewi, M.Pd ( Akademisi Bidang Pendidikan Ramah Anak ), ketiga  Abdul Hamid, S.Pd. M.Pd ( Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Sabang ), dan keempat Cut Mutia KarolinaM.I Kom ( Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia ) ditemani presenter TVone Andromeda Mercuri dan host Ayu IRTI Baitul Qalbu. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *