Sen. Sep 20th, 2021
Forum MGMP SMA/SMK Aceh Tengah Hasilkan Buku

ACEHSIANA.COM, Takengon – Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMA/SMK Kabupaten Aceh Tengah berhasil menulis buku. Buku hasil karya MGMP tersebut diserahkan secara simbolis kepada Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Alhudri MM yang diterima oleh Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMA dan PKLK, Hamdani SPd MPd pada Kamis (29/7) di Banda Aceh.

 

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah Kabupaten Aceh Tengah, Drs Khalidin MPd melalui Kasi Pengembangan Mutu GTK, Dr (Cand) Hendri Putra SPsi MPd kepada acehsiana.com, menjelaskan bahwa penulisan buku oleh MGMP tersebut merupakan upaya mendukung gerakan literasi nasional (GLN).

 

“Kita telah melakukan pembinaan dan pendampingan komunitas guru melalui MGMP baik SMA maupun SMK. Alhamdulillah MGMP kita mampu menulis buku yang bermanfaat serta dapat menambah sumber bacaan di sekolah,” ujar Hendri.

 

Dikatakan Hendri bahwa terdapat 4 (empat) tahapan yang dilakukan untuk pihaknya hingga MGMP mampu menghasilkan buku. Keempat tahapan tersebut, lanjut Hendri, adalah sosialisasi program pembinaan MGMP berbasis produk, penguatan penyusunan produk, pengumpulan materi/bahan, dan penyusunan materi menjadi naskah buku.

 

“Semangat literasi menjadi energi baru bagi para guru SMA dan SMK di Aceh Tengah. MGMP telah membuktikan bahwa mereka mampu menghasilkan karya buku.Buku yang mereka hasilkan telah memiliki ISBN,” terang Hendri yang juga Sekretaris Ikatan Guru Indonesia (IGI) Aceh Tengah tersebut.

 

Kabid Pembinaan SMA dan PKLK, Hamdani, saat menerima karya guru tersebut menegaskan bahwa buku hasil karya guru forum MGMP tersebut dapat digunakan di lingkungan internal sekolah.

 

“Kary aini menjadi bukti eksistensi produktivitas MGMP. Mudah-mudahan hal ini menjadi inspirasi bagi MGMP lain untuk melakukan hal yang sama. Dengan demkian maka kegiatan literasi produktif akan semakin semarak di Aceh,” sebut Hamdani. (*)

 

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *