Jum. Sep 24th, 2021

Acehsiana.com – BANDA ACEH – Sebanyak lima Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) jenjang SDLB, SMPLB dan SMALB lolos pada ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tingkat Nasional tahun 2021 yang akan berlangsung secara virtual sejak 6 Agustus hingga 5 September 2021 di Jakarta.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Alhudri, MM diwakili Kepala Bidang Pembinaan SMA dan PKLK, Hamdani, M.Pd saat menutup ajang FLS2N tingkat Provinsi Aceh tahun 2021, Kamis (29/7/2021) menyampaikan ajang FLS2N ini digelar untuk mengasah keterampilan peserta didik, khususnya di bidang seni. Dinas Pendidikan Aceh secara khusus mengapresiasi prestasi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang ada di Aceh.

“Pemerintah Aceh akan terus memberi perhatian terhadap pelayanan yang dibutuhkan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Ajang ini untuk menampilkan kreativitas dari peserta didik, agar mampu bersaing di tingkat provinsi hingga tingkat nasional,” ujarnya.

Hamdani menuturkan pada tahun ini pihaknya menggelar perlombaan secara terbatas yaitu cabang lomba menyanyi SDLB, melukis SMPLB/SMALB, menari SMPLB/SMALB, desain grafis SMALB dan Musabaqah Tilawatul Quran (MTQ) SMPLB/SMALB dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap seni dan menginspirasi peserta didik untuk melestarikan kesenian Indonesia, khususnya seni budaya Aceh,” tuturnya.

Namun demikian, sambungnya, dengan berakhirnya perlombaan itu tidak membuat peserta didik berhenti berlatih dan mengembangkan diri. Ajang ini harus menjadi batu loncatan bagi anak-anak untuk terus menekuni bidang seni yang disukainya.

“Kita akan melakukan pembinaan kepada para juara selama tiga hari sebelum bertanding di tingkat Nasional. Mereka nantinya akan dilatih oleh para pelatih yang telah ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Aceh,” terangnya.

Kepada para juara, Dia menambahkan pihaknya memberikan penghargaan berupa sertifikat, piagam dan uang pembinaan senilai Rp 4,5 juta untuk juara I, Rp 3,5 juta untuk juara II, Rp 2,5 juta untuk juara III, Rp 1,5 juta untuk juara harapan I dan Rp 1 juta untuk juara harapan II.

Berikut nama-nama Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) jenjang SDLB, SMPLB, dan SMALB yang berhak mewakili Provinsi Aceh pada ajang FLS2N tingkat Nasional 2021 yaitu:
1. Soniya Chairil (SLB-B YPAC Banda Aceh) bidang lomba menari tingkat SMPLB/SMALB
2. Imam (SLBN Pembina Aceh Tamiang) bidang lomba menyanyi solo tingkat SDLB
3. Salmi Irham Ramadhani (SLB Bukesra Banda Aceh) bidang lomba MTQ tingkat SMPLB/SMALB.
4. Ramli (SLB-B YPAC Banda Aceh) bidang lomba melukis tingkat SMPLB/SMALB
5. Teuku Mirza (SMALB Kota Langsa) bidang lomba desain grafis tingkat SMALB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *