Rab. Jul 6th, 2022
Bupati Aceh Selatan Resmikan Sekolah Berbasis Dayah SMP Syaikhuna

ACEHSIANA.COM, Tapaktuan – Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran meresmikan operasional SMP Swasta Syaikhuna. Peresmian sekolah yang terintegrasi dengan Dayah Syaikhuna tersebut berlangsung pada Senin (26/7) di Gampong Kapa Sesak, Kecamatan Trumon Timur.

Peresmian ditandai dengan pembukaan penutup papan nama sekolah dan pengguntingan pita oleh Tgk Amran. Dengan demikian maka proses pembelajaran di sekolah tersebut secara resmi dimulai.

Pimpinan Dayah Syaikhuna, Tgk H Muhammad Hasbi SSosI atau lebih dikenal Abulot, menjelaskan bahwa pendirian sekolah tersebut merupakan niat tulus pihaknya untuk memberikan kesempatan dan keterbukaan akses pendidikan bagi seluruh generasi muda Aceh Selatan, khususnya kaum milenial di Kecamatan Trumon Timur dan sekitarnya.

“Pendirian sekolah ini merupakan bagian dari cita-cita almarhum Abon Kotafajar, Syekh H Hasbi Nyak Diwa, yang sangat mementingkan kemajuan pendidikan generasi muda sebagai penerus estafet kepemimpinan daerah ke depannya, baik agama maupun pendidikan umum,” ujar Tgk Muhammad Hasbi.

Dikatakan Tgk Muhammad Hasbi bahwa pihaknya sangat mengharapkan kepada Pemkab Aceh Selatan agar dapat membantu untuk pengembangan SMP Swasta Syaikhuna tersebut agar menjadi lebih baik. Antara lain, tambah Tgk Muhammad Hasbi, dengan membantu pembangunan ruang kelas baru (RKB) dan penyediaan tenaga pendidik dan kependidikan, serta sarana penunjang lainnya.

“Termasuk untuk menjaga kesehatan para siswa dan siswi. Kami sangat mengharapkan adanya perhatian dari Dinas Lingkungan Hidup berupa fasilitas persampahan dan Poskestren dari Dinas Kesehatan. Selanjutnya, dukungan dari Dinas PUPR yakni pengerasan jalan, serta bantuan modernisasi media pada fasilitas sekolah oleh Diskominfo,” terang Tgk Muhammad.

Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan sehingga pembangunan SMP Swasta Syaikhuna dapat terwujud.

Apresiasi secara khusus disampaikan oleh Tgk Amran kepada almarhum Abon Kotafajar, Syekh H Hasbi Nyak Diwa, seraya mendo’akan agar almarhum diampuni segala dosanya dan ditempatkan di dalam syurga.

“Secara pribadi, saya sangat mengenal betul sosok almarhum Abon Kotafajar dan mengetahui bahwa niat baik dan cita-cita almarhum untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di Aceh Selatan. Salah satunya dengan membangun sekolah didalam pondok pesantren,” kata Tgk Amran.

Tgk Amran berpesan kepada seluruh pihak, baik pemerintah daerah, maupun seluruh lapisan masyarakat dan para tokoh, agar secara sama-sama terus memperhatikan kemajuan SMP Swasta Syaikhuna tersebut.

“Jika ada kekurangan, mari sama-sama kita perbaiki, kita cari solusi bersama dan dibicarakan dengan baik-baik,” pungkas Tgk Amran.

Turut hadir pada peresmian sekolah tersebut yaitu Pimpinan Dayah Darurrahmah Kotafajar, Tgk H Hijrahtuddin, Ketua DPRK Aceh Selatan, Amiruddin, anggota DPRK dari Dapil Trumon-Bakongan Raya antara lain, Adi Samridha SPdI dan Dailami Is, SPd, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Erdiansyah SPd, Kepala Dinas Pendidikan Dayah, Drs Farid Wajidi, Camat Trumon Timur, Husin SPd, Camat Trumon, Bahari,SIP, tokoh masyarakat, Tgk Abrar Muda, serta tamu undangan lainnya. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *