Jum. Sep 24th, 2021
Direktur Poltas Ajak Technopreneur Manfaatkan Marketplace

ACEHSIANA.COM, Tapaktuan – Direktur Politeknik Aceh Selatan (Poltas), Dr Muhammad Yasar STP MSc, mengajak para technopreneur untuk memanfaatkan marketplace. Ajakan tersebut disampaikan Yasar saat menjadi narasumber webinar literasi digital yang dilaksanakan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) pada Jumat (23/7) via zoom meeting.

Menurut Yasar, transformasi digital harus disikapi secara bijak. Disadari atau tidak, tambah Yasar, disukai atau tidak, saat ini kita telah masuk dalam budaya digital atau digital culture.

“Budaya ini telah membawa tatanan kehidupan baru di tengah-tengah masyarakat baik dari cara berinteraksi, berperilaku, berfikir, dan berkomunikasi. Tatanan baru ini akhirnya membentuk kebiasaan baru seperti kegiatan di media sosial, sistem belanja online, tata cara pembayaran digital,  pendidikan dengan sistem online, dan lain sebagainya,” ujar Yasar.

Dikatakan Yasar bahwa dalam dunia technoprenur saat ini kita memasuki era ekonomi digital dimana beragam aktivitas ekonomi telah dilangsungkan dalam dunia digital. Sebenarnya, lanjut Yasar, era ini telah kita masuki sejak tahun 1980-an, saat diperkenalkannya penggunaan komputer dan internet. Tetapi perkembangannya begitu cepat dan pesat, sekarang kita berada di new era economy digital. Sejak berkembangnya mobile technology, kegiatan digitalpun cukup dimainkan hanya dalam genggaman jari.

“Hal ini telah turut merubah konsep pasar secara global. Sekarang orang mengelompokkan pasar menjadi pasar offline atau konvensional dengan pasar online yang berbasis digital. Dalam pasar online ini telah dikenal 3 bentuk pasar yaitu online shop, e-commerce, dan marketplace. Ketiga bentuk pasar ini begitu digandrungi dewasa ini bahkan mengalahkan pasar konvensional. Sehingga tidak sedikit juga pasar Konvensional yang mulai beralih memanfaatkan pasar online,” terang Yasar.

Yasar yang juga penulis buku Agrotechnopreneurship ini menambahkan bahwa sebagai seorang technoprenur kita dapat memanfaatkan lokapasar atau marketplace sebagai media penjualan produk. Bukan tidak mungkin untuk mengembangkan lokapasar sendiri seperti yang sedang dikembangkan oleh salah seorang dosen poltas dengan aplikasi penjualan Meukat yakni Herry Setiawan, S.ST., MT.

“Saat ini aplikasi tersebut telah menjadi mitra lebih dari 200 UMKM yang ada di berbagai daerah. Disamping hemat biaya karena tidak memerlukan modal untuk membeli atau menyewa toko, jangkauan pasarnya juga lebih luas. Dimana ada akses internet disitu pulalah akses pasar kita. Saat ini hanya sebagian kecil tempat yang belum terjangkau jaringan internet,” pungkas Yasar.

Kegiatan webinar literasi digital ini dipandu oleh Kartika Sari sebagai moderator dengan key opinion leader, Tomy Ristanto yang merupakan mantan moderator debat capres 2019. Turut hadir sebagai narasumber Professional Bussiness Coach, Ir. Prayudi Widiyanto, MM, CEO Kampungkaleng.com, Muhammad Arif Rahmat, SHI, dan Jurnalis Acehtrend, Irma Hafni. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *