Jum. Sep 24th, 2021

Acehsiana.com. Banda Aceh – Gampong (desa) Ujong Batee, Kecamatan Pasie Raja, Aceh Selatan, ditetapkan sebagai juara pertama Lomba Gampong Tingkat Provinsi Aceh tahun 2021. Desa ini menyisihkan 9 peserta lainnya, termasuk Gampong Geuceu Meunara Kota Banda Aceh.

Pemilihan desa terbaik tingkat Provinsi Aceh dilaksanaan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMAG) Aceh. Proses penilaian terdiri atas beberapa tahapan, mulai seleksi dokumen, pemaparan, hingga klarifikasi lapangan.

Kepala Bidang Pemerintahan Mukim dan Gampong DPMG Aceh Teuku Aznal Zahri mengatakan kepada KABARAKTUAL.id, Kamis (22/7/2021), proses penilaian lomba desa dilaksanakan oleh sebuah tim yang dibentuk berdasarkan SK Gubernur Aceh Nomor 414.2/1077/2021 tanggal 14 April 2021.

Untuk tahun ini, kata Aznal, terdapat 10 gampong yang berpartisipasi pada lomba yang dilaksanakan pihaknya. Ke-10 desa tersebut, yaitu:

1.    Ujong Batee, Aceh Selatan

2.    Bukit Kemuning, Aceh Tengah

3.    Pante, Aceh Utara

4.    Leupe, Aceh Jaya

5.    Bundar, Aceh Tamiang

6.    Timang Gajah, Bener Meriah

7.    Beurawang, Pidie Jaya

8.    Geuceu Meunara, Kota Banda Aceh

9.   Buket Meutuah, Kota Langsa

10. Lae Saga, Kota Subulussalam

Mantan Kacabdis Pendidkan Aceh Utara itu menambahkan, setelah dilakukan penilaian oleh tim, ditetapkan 6 desa yang masuk nominasi. Keenam desa itu adalah Ujong Batee, Bukit Kemuning, Pante, Geuceu Meunara, Buket Meutuah, dan Lae Saga.

Setelah melewati tahapan penilaian yang sangat alot, kata Aznal, tim penilai akhirnya menetapkan Ujong Batee sebagai juara pertama, Lae Saga juara dua, dan Bukit Kemuning juara tiga. Penetapan pemenang telah ditetapkan dalam keputusan Gubernur Aceh Nomor: 4144/1341/2021 tanggal 8 Juli 2021.

Aznal menerangkan, para juara lomba gampong ini mendapatkan dana pembinaan dari Pemerintah Aceh, masing-masing Rp 100 juta untuk juara I, Rp 90 juta untuk juara II, dan juara III mendapatkan Rp 80 juta. Selain itu, masingmasing juara juga mendapatkan piala, plakat dan piagam.[]

Sudah tayang di Kabaraktual. Id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *