Rab. Jul 6th, 2022
Mahasiswa FKIP Geografi USK Ikut Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Daring

ACEHSIANA.COM, Banda Aceh – Guna mempersiapkan diri agar mampu menggunakan beragam aplikasi pembelajaran dalam jaringan (daring), mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, Banda Aceh ikut pelatihan penggunaan Microsoft Teams sebagai media pembelajaran.

Pelatihan yang berlangsung Kamis (1/7) ini, tampil pemateri tunggal, yaitu salah seorang Trainer Microsoft, Jon Darmawan M.Pd. Pelatihan yang berlangsung secara webinar ini dibuka oleh Ketua Jurusan Geografi FKIP, A. Wahab Abdi.

Dalam pelatihan tersebut, Jon Darmawan, Guru SMA Negeri 7 Lhokseumawe, yang juga Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Lhokseumawe tersebut, memberikan materi pelatihan penggunaan aplikasi Microsoft Teams dari awal hingga berakhir dengan pembuatan akun. Selain itu, Darmawan juga mengemukakan berbagai kelebihan aplikasi ini dibandingkan dengan aplikasi lainnya yang selama pandemi covid-19 ini sudah banyak digunakan.

Sementara itu, Ketua Jurusan Geografi FKIP Unsyiah, Wahab Abdi mengatakan bahwa sebagai calon guru, mahasiswa perlu membekali diri dengan berbagai keterampilan sehingga mampu berinovasi dan kreatif kelak ketika selesai pendidikan. Terlebih lagi era revolusi industri 4.0 ke depan yang serba digital membutuhkan guru-guru yang kreatif dan inovatif.

“Kegiatan semacam ini semakin penting dilaksanakan mengingat bahwa salah satu tujuan pendidikan adalah bagaimana menumbuh-kembangkan semangat berpikir kreatif para peserta didik. Karena itu, ke depan keberadaan guru-guru yang kreatif amatlah penting,”  ujar Wahab.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan agenda tahunan Himageo FKIP Unsyiah, yaitu berbagi (sharing) pengamalan antara alumi dengan Mahasiswa Geografi FKIP Unsyiah yang berlangsung pada siang hingga sore hari.

Agenda tahunan yang ke-2 dengan nama Sharing Session With Alumni ini mengangkat tema “Peluang dan Tantangan Sarjana Pendidikan Geografi di Era 4.0 Merdeka Belajar”. Dalam kegiatan ini menghadirkan para mahasiswa dan alumni yang telah sukses dalam berbagai aktifitas kehidupan di lingkungan masyarakat.

Melalui agenda tahunan saling berbagi ini diharapkan mahasiswa termotivasi untuk menggeluti berbagai peluang aktifitas kehidupan yang memiliki makna bagi diri sendiri dan lingkungan.

Acara yang pembukaannya juga dilakukan oleh Ketua Jurusan Geografi FKIP Unsyiah ini, juga dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk menmbuhkan semangat wirausaha di kalangan mahasiswa. “Kuliah boleh di jurusan pendidikan keguruan, tapi pekerjaan tak mesti menjadi guru. Silakah menggeluti berbagai bidang aktifitas sesuai dengan potensi dan peluang yang ada dalam dunia kehidupan,” tegas Wahab. (*)

Editor: Poetra Joeang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *