Sen. Mei 23rd, 2022

ACEHSIANA.COM, Tapaktuan – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Aceh, Achris Sarwani, memberikan kuliah umum di Politeknik Aceh Selatan (Poltas). Kuliah umum tersebut berlangsung pada Jumat (18/6) di Tapaktuan.

Achris Sarwani memberikan kuliah umum dengan judul Penumbuhkembangan Jiwa Technopreneur dalam Menyiapkan Generasi Emas Indonesia di Politeknik Aceh Selatan. Kuliah umum ini diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Generasi Baru Indonesia (GENBI) Poltas.

Presiden BEM Poltas yang juga salah satu dari anggota GENBI, Riska Farhana, menjelaskan bahwa peserta kegiatan dibatasi kepada 50 orang mahasiswa saja dengan menerapkan protokol kesehatan jarak jarak dan penggunaan masker. Keseluruhan peserta ini, tambah Riska, merupakan mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia.

“Atas nama pribadi dan mahasiswa penerima beasiswa kami ucapkan terimakasih atas peluang beasiswa bagi mahasiswa Poltas,” ujar Riska.

Direktur Poltas, Dr. Muhammad Yasar, S.TP. M.Sc, saat membuka kegiatan mengapresiasi segala bentuk dukungan dan bantuan beasiswa yang diterima Poltas sejak 2 tahun terakhir. Menurutnya Dr Yasar, support BI dapat memicu prestasi, kreasi dan inovasi di kalangan mahasiswa.

“Poltas sedang giat-giatnya memacu jiwa enterpreneur berbasis teknologi di kalangan mahasiswa melalui berbagai kegiatan positif dan kreatif seperti pengembangan unit industri kreatif dan inkubator bisnis,” sebut Dr Yasar.

Kepala Kantor Perwakilan BI Banda Aceh, Achris Sarwani, dalam kuliah umum menyebutkan bahwa mahasiswa Poltas harus menjadi sumber daya yang mampu memberikan kontribusi dalam pengurangan angka  pengangguran dan kemiskinan, bukan malah sebaliknya.

“Penumbuhkembangan jiwa technopreneur merupakan solusi terbaik terhadap permasalahan daerah atau nasional. Karena pengembangan teknologi selalu memberi dampak terhadap perbaikan dan pertumbuhan ekonomi,” terang Achris.

Mantan Kepala BI Nusa Tenggara Barat itu juga mengapresiasi prestasi Poltas berbasis kreativitas dan inovasi. Secara khusus Achris berpesan agar segala hasil kreasi dan inovasi yang ada ini dikembangkan dalam bentuk entrepreneur.

Turut hadir menyampaikan kuliah umum, Dr. Nugroho, Dosen Pascasarjana UGM yang juga staf ahli Bank Indonesia. Kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua Yayasan Politeknik Aceh Selatan, Drs Rasyidin. Sebelumnya, baik Achris maupun Nugroho melakukan silaturahmi dan diskusi pengembangan ekonomi bersama Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran beserta para SKPK terkait di salah satu resto di Tapaktuan. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *