Rab. Okt 27th, 2021

ACEHSIANA.COM, Banda Aceh – Lebih dari 600 guru se-Aceh dilatih keterampilan digital abad 21 berbasis Microsoft. Pelatihan tersebut berlangsung pada tanggal 14 – 17 Juni 2021 secara virtual melalui Microsoft Teams.

Direktur Jenderal (Dirjen) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), Iwan Syahril, saat membuka kegiatan secara virtual pada Kamis (27/5), taransformasi digital harus disikapi dan diintegrasikan dalam dunia pendidikan.

Koordinator trainer Keterampilan Digital Abad 21 berbasis Microsoft Wilayah Aceh, Khairuddin SPd MPd menjelaskan bahwa pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital abad 21 bagi guru-guru Aceh.

“Peserta setelah lulus nantinya akan mendapatkan sertifikat sebagai trainer Microsoft Office 365 level 100. Selain itu peserta diberikan akun Microsoft dengan ekstensi @guruinovatif.net yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran dan penyimpanan data sebesar 5 TB,” ujar Khairuddin.

Dikatakan Khairuddin bahwa peserta akan dibekali bagaimana mengelola pembelajaran berbasis virtual menggunakan Microsoft Teams, membuat ujian menggunakan Microsoft Form yang diujiankan via Teams, mendesain bahan ajar menggunakan Sway, Onenote, serta Class notebook.

“Peserta juga kita bekali cara mendeploy akun Office 365 melalui website sekolah. Dengan demikian peserta diharapkan dapat mendeploy Ofiice 365 bagi sekolah masing-masing sehingga dapat dimanfaatkan sebagai fasilitas digital di sekolah,” pungkas Khairuddin yang juga satu-satunya Microsoft Innovative Education Expert (MIEE) dari Aceh.

Lebih lanjut Khairuddin menuturkan bahwa PT Microsoft Indonesia menugaskan 4 trainer untuk mendampingin peserta dari Aceh. Mereka adalah Khairuddin SPd MPd (guru SMAN 1 Lhoksukon, Jon Darmawan MPd (guru SMAN 7 Lhokseumawe, Sarlivanti MPd (guru SMAS Sukma Bangsa Lhokseumawe), dan Rahil Aulia SPd (guru SMKN 1 Idi). (*)

Editor: Ami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *