Kam. Jun 24th, 2021

ACEHSIANA.COM, Tapaktuan – Direktur Politeknik Aceh Selatan (Poltas), Dr Muhammad Yasar STP MSc, mengajak para kader ulama untuk membangkitkan semangat dan jiwa entrepreneurship di kalangan umat Islam. Ajakan tersebut disampaikan Dr Yasar di hadapan peserta Pendidikan Kader Ulama Gelombang I yang diselenggarakan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Selatan pada Sabtu (5/6) di Tapaktuan.

Menurut Dr Yasar yang juga penulis buku Agrotechnopreneurship ini, kader ulama merupakan Sumber Daya Mnausia (SDM) potensial yang dapat menggerakkan sekaligus menjadi pelaku dalam dunia entrepreneur.

“Secara eksplisit, konsep enterpreneur memang tidak dijelaskan dalam ajaran Islam namun secara implisit sebenarnya banyak sekali dalil-dalil yang menerangkan tentang anjuran dan ajaran terkait kegiatan entrepreneur ini. Bahkan Rasulullah sendiri beserta para sahabat dan Isteri tercinta Siti Khadijah merupakan contoh enterpreneur sejati,” ujar Dr Yasar.

Dikatakan Dr Yasar bahwa syarat kemajuan suatu negara minimal memiliki 2 persen entrepreneur dari total jumlah penduduk. Namun dalam perkembangannya saat ini negara-negara maju memiliki entrepreneur lebih dari 14 persen. Negara tetangga, sebut Dr Yasar, seperti Malaysia, Thailand dan Singapura memiliki angka diatas 4 persen, sedangkan kita baru mencapai 3.1 persen. Meskipun telah melampaui standar minimal namun ini menunjukkan daya saing kita masih jauh tertinggal dari negara-negara lain.

“Harus ada daya dorong yang kuat dalam menumbuhkan, menggerakkan dan mengembangkan dunia entrepreneur di Indonesia. Disinilah letak peran strategis kader ulama. Karena merujuk sejarah penyebaran Islam di Nusantara maka kita akan menemukan bagaimana kegiatan dagang dan dakwah berjalan secara beriringan,” ujar Dosen Tetap Teknologi Pertanian Unsyiah ini.

Lebih lanjut Dr Yasar menambahkan bahwa melalui peran para kader ulama diharapkan mampu meningkatkan jiwa entrepreneur di kalangan umat Islam.  Terlebih lagi, kata Dr Yasar, kita merupakan umat mayoritas.

“Penguatan ekonomi umat sama halnya menguatkan daya saing bangsa, karena kekuatan ekonomi salah satu indikator suksesnya aktifitas pembangunan dalam mewujudkan kesejahteraan,” pungkas Dr Yasar.

Pelatihan yang diikuti oleh 36 orang kader ulama dari seluruh kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan tersebut dipandu langsung oleh Kepala Sekretariat MPU Aceh Selatan, Teuku Masrizar SHut MSi.

Menurut Masrizar, materi tentang kewirausahaan atau enterpreneur dalam Islam ini merupakan materi terbaru didalam kurikulum pelatihan kader ulama di MPU Aceh Selatan.

“Semoga melalui materi ini dapat mendorong lahirnya kader-kader ulama yang memiliki jiwa entrepreneur tinggi yang dapat mendorong kebangkitan ekonomi ummat,” harap Masrizar. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *