Sen. Sep 20th, 2021
Diumumkan via Microsoft Office 365, 95,16% Siswa SMAN 7 Lhokseumawe Dinyatakan Lulus

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – Diumumkan secara online menggunakan platform Microsoft Office 365 yang dideploy via website sekolah, 95,16% siswa SMAN 7 Lhokseumawe dinyatakan lulus tahun ajaran 2020/2021. Kepastian tersebut berdasarkan hasil kelulusan yang diterima oleh siswa melalui akun Microsoft Office 365 masing-masing pada Senin (3/5).

Kepala SMAN 7 Lhokseumawe, Drs Mukhtaruddin MPd, menjelaskan bahwa berdasarkan hasil siding kelulusan dewan guru pada tanggal 3 Mei 2021 dengan mempertimbangkan kriteria kelulusan yang telah dituangkan dalam Dokumen I tahun ajaran 2020/2021, maka sekitar 95,16% siswa dinyatakan lulus.

“Terdapat 3 orang siswa yang tidak lulus dan 1 orang memang tidak masuk sekolah lagi. Keputusan ini setelah mempertimbangkan banyak aspek dan kriteria kelulusan yang terdapat dalam Dokumen I,” ujar Mukhatruddin.

Dikatakan Mukhtaruddin bahwa siswa dapat mengakses informasi kelulusan melalui akun Microsoft masing-masing siswa. SMAN 7 Lhokseumawe, tambah Mukhtaruddin, memiliki fasilitas digital berupa Microsoft Office 365 yang dideploy melalui website sekolah.

“Akun Microsoft Office 365 ini sangat membantu sekolah dalam memenuhi fasilitas digital. Kita dapat menggunakan pembelajaran berbasis virtual, ujian berbasis digital, pemilihan ketua OSIS berbasis digital, dan pengumuman kelulusan secara digital juga menggunakan akun Microsoft Office 365,” terang Mukhtaruddin.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMAN 7 Lhokseumawe yang juga trainer Microsoft Office 365, Jon Darmawan MPd menerangkan bahwa siswa dapat mengetahui kelulusan dirinya sendiri serta mengunduh surat keteranga lulus (SKL) secara otomatis melalui akun Microsoft miliknya yang disediakan sekolah.

“Kita memanfaatkan keunggulan fasilitas Power Automate yang diliki Microsoft untuk mengumumkan kelulusan siswa dan mendownload SKL. Sistem ini menjamin kerahasiaan dimana siswa hanya dapat mengetahui informasi kelulusan dirinya sendiri. Siswa tidak dapat mengetahui informasi kelulusan orang lain atau temannya,” tutur Darmawan.

Lebih lanjut Darmawan yang juga ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) itu menambahkan bahwa pengumuman keulusan secara online guna menindaklanjuti Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Nomor 421/B/4919/2021.

“Tahun lalu kita menggunakan sistem WhatsApp Auto Reply untuk mengumumkan kelulusan siswa. Tahun ini kita memanfaatkan fasilitas digital Microsoft untuk mengumumkan kelulusan. Hal ini sesuai dengan cita-cita kita yang menginginkan SMAN 7 Lhokseumawe sebagai sekolah digital,” tutup Darmawan. (*)

Editor: Ami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *